Pengantin Baru Wajib Baca : 6 Penyebab Pertengkaran

Pengantin Baru Wajib Baca : 6 Penyebab Pertengkaran

Inilah 6 Penyebab Pertengkaran Suami Istri yang Wajib Diketahui Pengantin Baru

Penyebab pertengkaran suami istri dalam setiap pernikahan pastilah berbeda-beda. Beberapa pertengkaran dapat menyebabkan perceraian, tapi beberapa justru menguatkan hubungan suami istri. Dampak yang terjadi akibat pertengkaran ini tergantung dengan masing-masing pasangan, bagaimana mereka bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Hal inilah yang harus diketahui oleh pengantin baru di mana mereka baru memulai kehidupan berumah tangga yang banyak akan kisah sedih, bahagia dan lain sebagainya. Berikut adalah 6 masalah yang sering menyebabkan suami istri bertengkar:

Keuangan yang tidak stabil

Masalah keuangan memang selalu berhasil menjadi penyebab suami istri bertengkar. Masalah ini biasanya dialami oleh mereka yang belum memiliki perekonomian mapan sehingga tidak dapat memenuhi setiap kebutuhan rumah tangga. Mencari nafkah merupakan tanggung jawab seorang suami sehingga dalam masalah ini, suami sering kali disalahkan karena tidak dapat membahagiakan keluarga. Padahal, peran istri juga penting dalam memanajemen keuangan agar bisa mencukupi.

Masalah di atas ranjang

Salah satu kenikmatan dalam berumah tangga berada di atas ranjang, yaitu melakukan hubungan intim. Kepuasan haruslah dicapai oleh kedua belah pihak agar hubungan intim bisa dinikmati dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi keduanya. Rasa egois atau masalah dalam hal seksualitas sering kali menimbulkan masalah. Misalnya saja, sang suami yang mengalami ereksi dini atau istri yang enggan untuk melayani suami karena merasa malu.

Keinginan yang berbeda untuk masa depan anak

Sebagai orang tua, pastilah Anda harus memikirkan bagaimana masa depan anak kelak. Meskipun semua dikembalikan lagi pada si anak karena mereka yang akan menjalani, tapi tetap saja setiap orang tua memiliki keinginan tersendiri bagi si anak. Terkadang, suami dan istri mengalami perbedaan mengenai masa depan anak yang akhirnya bisa menyebabkan pertengkaran kecil atau bahkan besar. Solusinya adalah bagaimana saling menghargai keinginan masing-masing dan mengkomunikasikannya dengan baik.

Mengabaikan tanggung jawab

Dalam pernikahan, suami memiliki tanggung jawab untuk mencukupi kebutuhan keluarga, sedangkan istri mengurus pekerjaan rumah tangga. Tanggung jawab ini terkadang memberikan sekat kepada pasangan untuk melakukan tanggung jawab bersama. Meskipun setiap peran sudah memiliki tanggung jawab masing-masing, tapi akankah lebih baik jika suami dan istri bisa saling berbagi beban agar semua kebutuhan dan pekerjaan rumah tangga bisa terselesaikan dengan baik.

Perubahan sikap yang terjadi

Pada awal pernikahan, sikap romantis dan ungkapan kasih sayang rasanya masih sangat wajar dilakukan. Berbeda dengan mereka yang sudah menikah dalam hitungan tahun. Mereka menjadi kurang perhatian, jarang mengungkapkan rasa sayang dan perubahan sikap lainnya. Hal ini sering kali menimbulkan masalah dalam hubungan suami istri, bahkan bisa menimbulkan kecurigaan adanya pengkhianatan.

Perhatian yang terbagi karena anak

Memiliki anak adalah sesuatu yang diidam-idamkan oleh pasangan suami istri. Apabila sudah memiliki anak, pastilah perhatian istri menjadi terbagi, bahkan lebih banyak dicurahkan untuk anak sehingga tak jarang membuat mereka lupa untuk mengurus atau memperhatikan suami. Suami yang tidak dapat mengerti situasi ini bisa menimbulkan permasalahan dalam pernikahan.

Pertengkaran memang tidak bisa dihindarkan dalam hubungan suami istri, bahkan bisa dikatakan merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, Anda harus bisa mencari solusi dari penyebab pertengkaran tersebut agar tidak berdampak buruk terhadap hubungan suami istri.