Penting! Tips Memilih Menu dan Menghitung Katering

memilih-menghitung-katering

Jangan Salah Menghitung Katering Pernikahan

Menghitung katering pernikahan menjadi hal yang penting dalam sebuah acara pernikahan, ya. Karena itu, jumlah porsi dan jumlah tamu undangan yang hadir haruslah seimbang. Jangan sampai makanan yang disajikan katering kurang sehingga banyak tamu yang sampai terlantar.

Sebaliknya, jangan pula kelebihan dalam porsi banyak sehingga harus dibuang-buang. Hal ini butuh perhitungan yang cermat dan tepat. Pilihan menu pun harus Anda perhatikan. Jangan sampai ada ketidakcocokan menu dalam hidangan dengan tema pernikahan Anda.

Bagaimana tips memilih menu untuk acara sakral nan bahagia ini? Simak ulasan berikut!

  • Kesesuaian menu dan tema itu penting

Benar sekali. Pertama, sebelum Anda memilih vendor katering itu sendiri, Anda harus lebih dulu mantap dengan tema pernikahan Anda. Apakah tema tradisional atau internasional?

Ini penting untuk menyesuaikan menu katering yang nantinya akan Anda pesan. Jika pesta Anda adalah pesta adat dan tradisional, maka sajikan menu-menu serupa. Contohnya sate, soto, bakso, siomay, dan makanan daerah lain.

Sedang jika tema acaranya internasional, maka makanan yang disajikan pun harus ala-ala western. Sebut saja kebab, steak, dan buffet barbecue.

  • Pilihlah beragam dan variasi menu

Hal ini juga patut Anda perhatikan, mengingat tidak semua tamu undangan Anda punya selera yang sama. Jangan sampai Anda menyajikan menu katering yang semuanya sama. Misalnya semua serba daging, serba sayur, dan sebagainya.

Pilih variasi menu yang beragam karena ini akan lebih menarik hati para tamu. Tentu Anda harus menyajikan juga dessert dan makanan ringan yang lain misalnya es krim, kue-kue manis, atau puding.

  • Usahakan memilih menu yang disukai mayoritas orang

Jangan memilih menu yang terlalu aneh meski jika pesta Anda bertema internasional. Bisa-bisa, lidah tamu Indonesia Anda tidak bisa menikmatinya dengan sempurna. Mungkin juga hidangan tersebut tidak dilirik sama sekali.

Ada baiknya jika Anda memilih menu yang disukai mayoritas orang. Selain itu, pastikan juga menu tersebut tidak merepotkan saat dimakan. Misalnya ikan atau tulang iga. Kedua makanan ini cenderung merepotkan dan membuat tamu enggan mengambilnya meski enak.

Tamu undangan biasanya lebih memilih makanan yang praktis dan mudah dimakan. Apa lagi untuk tamu wanita, mereka pasti akan cenderung memilih makanan yang tidak membuat belepotan dan lipstik luntur.

  • Cobalah menu dari daerah Anda dan pasangan

Selain menyesuaikan dengan para tamu undangan, Anda juga harus mendahulukan keluarga. Bila Anda dan pasangan berbeda daerah, maka hadirkanlah masakan khas daerah masing-masing.

Ini merupakan bentuk penghargaan kepada keluarga pasangan Anda yang berbeda daerah tersebut. Karenanya, Anda harus memilih vendor katering terbaik yang bisa mengolah banyak makanan daerah. Pastikan menu yang Anda pilih itu sesuai dengan cita rasa lidah Anda, pasangan, juga keluarga.

  • Sesuaikan menu dengan jumlah tamu

Seperti yang telah disebutkan tadi, bahwa jumlah tamu dan menu haruslah sesuai. Ini penting sekali untuk memberi kesan yang baik bagi para tamu dalam acara Anda. Biasanya, pihak vendor katering sudah punya estimasi dan perhitungannya sendiri.

Anda hanya perlu berkonsultasi dengan menyebutkan berapa jumlah tamu undangan yang diundang. Katering pernikahan biasanya akan menyarankan supaya menu yang Anda pesan jumlahnya dua kali lipat dari jumlah tamu undangan. Ini untuk mengantisipasi bila si tamu mengajak pasangan atau bahkan keluarganya.Nah, itu dia tips memilih menu dan menghitung katering pernikahan untuk acara pernikahan Anda. Bagaimana, sudah tidak bingung lagi, bukan? Semoga artikel ini bermanfaat!

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.