Pentingnya Mengurus Akta Kelahiran untuk Anak

Pentingnya Mengurus Akta Kelahiran untuk Anak

Alasan Mengapa Harus Mengurus Akta Kelahiran untuk Anak

Berdasarkan data dari organisasi internasional ada berbagai macam permasalahan yang dihadapi anak Indonesia. Problema yang paling umum adalah masalah berkas administrasi yang tidak terurus terutama akta kelahiran. Masalah akta ini seringkali dihadapi anak-anak karena orang tuanya tidak melakukan pengurusan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

Kurangnya sadarnya orang tua dalam mengurus akta kelahiran untuk anak. Membuat anak-anak menjadi korban, sebab ke depannya anak akan mengalami kesulitan dalam mengurus pendidikan atau persoalan administratif lainnya. Berikut ini merupakan berbagai alasan penting seputar alasan pengurusan akta kelahiran.

Anak Tercatat Dalam Administrasi Negara

Persoalan administrasi anak seringkali menjadi hal yang kerap diremehkan oleh para orang tua. Administrasi harus dilakukan sebaik mungkin agar pengurusannya berjalan lancar. Anak yang mendapatkan akta kelahiran akan tercatat secara resmi di Negara. Oleh karena itu, anak tersebut akan mendapatkan hak yang jelas.

Masalahnya, para orang tua tidak banyak yang melakukan pengurusan akta kelahiran dengan tepat waktu. Hal ini menyebabkan proses administrasi jadi berjalan dengan lambat dan prosesnya jadi lebih rumit. Jika sudah memiliki anak ada baiknya pengurusan dilakukan dengan sebaik mungkin. Jangan sampai anak terlahir tanpa punya status yang tidak jelas.

Hak Anak Terlindungi

Setiap anak memiliki hak dasar yang harus dilindungi. Salah satunya adalah hak untuk mendapatkan akta kelahiran. Apabila akta kelahiran tidak dimiliki oleh anak, secara otomatis para orang tua tersebut telah mencabut hak mendasar dari anak. Pengurusan akta kelahiran tidaklah rumit, asalkan prosedurnya dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Hak perlindungan administrasi anak merupakan persoalan yang kerap diabaikan para orang tua. Sebagai orang tua, mengurus akta kelahiran anak menjadi urusan yang utama. Anak harus mendapatkan hak perlindungannya sehingga posisinya di hadapan hukum menjadi lebih jelas. Tanpa adanya status hukum yang jelas anak akan menghadapi persoalan rumit di kemudian hari.

Anak Mendapat Pengakuan

Pengakuan merupakan hal yang penting bagi anak. Pengakuan akan memberikan keamanan status bagi anak. Akta kelahiran juga menjadi bukti bahwa anak diakui oleh kedua orang tuanya. Apabila anak tidak mendapatkan akta kelahiran, anak tersebut secara status tidak diakui oleh negara. Ada baiknya para orang tua mengurus akta dengan secepat-cepatnya agar proses dapat berjalan dengan lancar.

Anak Terhindar dari Pemalsuan Identitas

Pemalsuan identitas merupakan permasalahan yang umum terjadi apabila anak tidak memiliki akta kelahiran. Seringkali orang tua yang tidak mengurus akta kelahiran anak beralasan bahwa proses pengurusan terlalu merepotkan. Akan lebih baik, jika proses pengurusan dilakukan dengan sesegera mungkin. Supaya anak terhindar dari pemalsuan identitas. Masalah ini kerap terjadi pada anak yang tinggal di area pedesaan.

Dasar untuk Membuat Administrasi Lainnya

Proses administrasi akta kelahiran jadi hal mendasar. Orang tua harus melakukan pengurusan ini dengan baik agar anak tidak mengalami persoalan. Pengurusan administrasi dokumen berupa akta kelahiran, menjadi salah satu persyaratan dasar dari pengurusan dokumen lainnya. Akta kelahiran biasanya diperlukan untuk mengurus kartu identitas penduduk, SIM, kartu keluarga, dan lain sebagainya.

Kejelasan Terkait Asal Usul Anak

Asal usul biasanya menjadi perihal penting saat anak lahir. Seorang anak yang lahir dengan kedua orang tuanya tentu harus punya asal usul yang jelas. Asal usul anak perlu dicatat dengan jelas pada dokumen yang sah. Apabila tidak ada akta kelahiran, maka asal usul anak akan menjadi pertanyaan bagi orang lain.Masalah akta kelahiran harus menjadi perhatian bagi orang tua. Anak yang tidak memiliki akta akan berisiko terkena masalah. Jadi, mengurus akta kelahiran untuk anak harus didahulukan ketika pasangan memiliki buah hati.