Now Reading
Peluang Besar Bisnis Souvenir Pernikahan

Peluang Besar Bisnis Souvenir Pernikahan

Pernikahan yang dianggap sebagai momen sakral dalam kehidupan pasangan tentu diharapkan akan berjalan dengan meriah dan khidmat. Pasangan yang akhirnya melangsungkan pernikahan juga pastinya akan menggelar resepsi yang bertujuan sebagai ucapan syukur atas pernikahan mereka. Dengan tujuan untuk bersama – sama dengan para tamu undangan dapat merasakan kebahagiaan dalam resepsi.

Pada resepsi pernikahan, tentu yang menjadi poin penting adalah katering dan juga tempat acara atau venue. Kebanyakan pengantin akan berusaha keras untuk dapat menyediakan makanan dengan rasa yang enak dan jumlah yang cukup. Selain itu, ada satu hal lagi yang tidak pernah luput dari perhatian yaitu souvenir pernikahan.

Souvenir Pernikahan Memegang Peran Penting

Kehadiran souvenir pernikahan dalam sebuah acara resepsi sangatlah penting. Souvenir pernikahan diberikan sebagai tanda atau ucapan terima kasih dari mempelai atas kehadiran tamu undangan. Tamu yang meluangkan waktunya untuk ikut berbahagia bersama mempelai tentu patut untuk diberikan tanda terima kasih.

Selain itu, souvenir pernikahan dari sudut pandang penerima juga bisa sebagai kenangan. Kenangan akan adanya momen sakral yang dilangsungkan oleh teman, kenalan maupun sahabat. Untuk itu, sebaiknya souvenir pernikahan dibuat sebaik mungkin. Beberapa bahkan memberikan souvenir berupa peralatan yang bisa digunakan sehari – hari seperti centong nasi. Ada juga pasangan anti mainstream yang memberikan bibit pohon sebagai souvenir pernikahan. 

Karena souvenir pernikahan ini tidak pernah terlewat dalam setiap resepsi, maka peluang besar bisnis souvenir pernikahan sepertinya masih terbuka lebar. Ini karena permintaan dan kebutuhan akan souvenir pernikahan akan selalu meningkat dan tidak pernah habis. 

Peluang Besar Bisnis Souvenir Pernikahan

Beberapa orang mungkin berpikir peluang besar bisnis souvenir pernikahan tidaklah begitu menjanjikan. Karena, bisnis ini hanya dilirik ketika ada perhelatan pernikahan saja. Dan bahkan rata – rata orang hanya menggelar resepsi sekali seumur hidup.

Tapi jangan salah, peluang besar bisnis souvenir pernikahan sebenarnya cukup menjanjikan. Memang hanya akan dilirik pada event – event tertentu saja. Tapi bisa dibayangkan sekali orang menggelar resepsi berapa tamu undangan yang akan diberikan souvenir. Jika dipukul rata, rata- rata orang Indonesia menggelar resepsi dengan dihadiri 100 hingga 200 orang. ini merupakan jumlah minimal. 

Apalagi jika tamu undangan mencapai ribuan. Tentu sekali pesanan saja, bill atau invoice untuk souvenir pernikahan sudah memakan anggaran yang cukup besar. Jadi, peluang besar bisnis souvenir pernikahan sangatlah cerah dan cemerlang.

See Also

Tips Memulai Bisnis Souvenir Pernikahan

Ketika memutuskan untuk memulai bisnis, pastikan dalam hati untuk tidak memulai setengah – setengah. Ketika sudah mulai juga jangan menyerah. Melihat peluang besar bisnis souvenir pernikahan tentu kita harus menjalaninya dengan serius.

Hal pertama yang harus dipikirkan adalah tentang target pasar kita. Mungkin sebagian besar orang akan heran. Bisnis seperti ini tentu target pasarnya adalah pasangan yang akan menikah. Namun tentukan apakah kita akan melirik pasar menengah kebawah atau menengah keatas.

Dengan menentukan target pasar, maka kita bisa menentukan lokasi dan jenis souvenir yang dijual. Untuk target menengah ke bawah kita bisa mencoba membuka usaha di pasar misalnya. Sedangkan untuk target menengah ke atas kita bisa membuka usaha di mall, atau di ruko yang dimana lokasinya dekat dengan bridal. Kita juga bisa mencoba bekerja sama dengan WO maupun MUA untuk mempromosikan jasa kita.

Selain tempat usaha, hal selanjutnya yang bisa kita perhitungkan setelah menentukan target adalah modal. Jika target kita menengah ke atas maka tentu modalnya akan lebih besar. Kita juga perlu budget khusus untuk marketing. Foto produk juga sebaiknya dilakukan oleh profesional. Namun jika target kita menengah kebawah maka kita harus menekan biaya promosi agar dapat menutup cashflow usaha kita.Apapun keputusannya nanti intinya jangan menyerah dan tekuni dengan baik. Mengingat peluang besar bisnis souvenir pernikahan ini sangat menguntungkan dan tidak ada habisnya. Apalagi setiap pasangan pastinya menginginkan hubungan yang serius dan pernikahan yang sesuai keinginan. Tentu bisnis souvenir ini tidak akan pernah sepi. Apalagi jika kita selalu up to date terhadap perkembangan.

Scroll To Top