Now Reading
Persiapan Hari Kelahiran Anak Pertama

Persiapan Hari Kelahiran Anak Pertama

Hari kelahiran anak pertama merupakan suatu hal yang ditunggu-tunggu bagi tiap pasangan muda beserta keluarga besarnya, yakni meliputi kekek dan nenek dari kedua belah pihak, apalagi jika itu juga merupakan cucu pertama. Segala kasih sayang dan aneka bentuk perhatian dilimpahkan. Namun perlu diingat juga bahwa hal itu menjadi hari awal dimulainya suatu tanggung jawab yang besar, yakni sebagai persiapan anak pertama. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Transportasi yang Aman saat Hendak Melahirkan

Sediakan alat transportasi yang aman dan siap sedia bagi ibu hamil ketika hendak melahirkan, untuk membawa ke rumah sakit, yang siap selama 24 jam, pada detik-detik jelang waktu persalinan.

Makanan Sehat

Kebiasaan makan makanan sehat selama masa kehamilan harus tetap dilanjutkan setelah anak lahir hingga anak tumbuh besar. Bayi tentunya memerlukan susu, dan yang utama ialah ASI dari ibunya. Kondisi makanan ibu menyusui sangat menentukan kualitas ASI yang diproduksi. Lalu kenalkan anak sejak dini tentang cara hidup sehat, terutama dalam hal memilih makanan sehat. Jika sehak bayi, anak telah dibiasakan makan makanan sehat, seperti aneka sayuran juga buah-buahkan dan ikan lalu dijauhkan dari junk food maka hingga dewasa anak akan menjadi lebih mudah menerika aneka makanan sehat tanpa merasa keberatan.

Tempat Tidur Bayi dan Berbagai Peralatan Bayi

Sebagai anak pertama maka memang akan cukup besar dana yang perlu dipersiapkan karena harus mengawali beli segala sesuatunya. Utamakan kualitas dan pilih yang netral genderless agar awet dan bisa dipergunakan oleh adik-adiknya nantinya. Tempat tidur bayi yang kokoh dan aman, aneka wadah tempat makan yang aman dan foodgrade, termasuk sendok dan garpunya dalam ukurannya yang tidak tajam, lalu aneka baju bayi, celemek makan, dan aneka perlengkapan lainnya juga dengan baju dan sepatunya dan kain sebagainya, perlu dipersiapkan. Hingga aneka mainan sesuai tahapan usianya.

Kamar Anak

Meski ketika masih bayi, anak masih tidur bersama orang tuanya, namun seiring bertambahnya waktu, maka  anak juga akan memerlukan kamar, bagi diri mereka masing-masing. Oleh karenanya siapkan juga kamar bagi tiap anak.

Nama Anak

Hal yang penting juga dipikirkan dengan matang pada saat hari kelahiran anak ialah nama anak. Pilih nama anak yang memiliki makna arti yang bagus karena nama anak adalah doa dan harapan bagi anak.

See Also

Persiapan Mental sebagai Orang Tua

Pasangan muda terutama yang belum pernah punya anak harus mempersiapkan mentalnya dengan perubahan perannya sekarang sebagai orang tua. Sehingga tidak akan mengalami syok bahkan stres ketika anak telah hadir di tengah kehidupan mereka. Sehingga anak yang baru lahir tidak menjadi korban ketidak siapan atau kelalaian orang tuanya.

Persiapan Stamina

Membesarkan anak itu tidak mudah. Memerlukan kesiapan mental dan juga stamina yang prima. Apalagi ketika anak masih bayi dan baru lahir. Perlu diawasi selama 24 jam penuh. Orang tua harus siaga. Bisa dilakukan bergantian antara ayah dan ibu, dan bergantian waktu tidurnya, agar anak bayi tidak terabaikan.

Orang tua tidak akan bisa berlama-lama mandi seperti dulu sewaktu masih belum ada anak, juga dengan waktu tidurnya dan waktu makannya. Samakan dengan jadwal di bayi, pada saat anak makan maka ibu juga bisa sambil makan. Juga sewaktu anak tidur maka ibu juga bisa ikut tidur. Dengan begitu maka anak akan selalu dalam pengawasan.

Scroll To Top