Now Reading
Persiapan Yang Dilakukan Untuk Kelahiran Buah Hati

Persiapan Yang Dilakukan Untuk Kelahiran Buah Hati

Mempunyai anak merupakan salah satu momen yang sangat membahagiakan. Berbagai perasaan muncul saat mengandung sang buah hati. Perasaan senang, haru, sedih, bangga dan bermacam-macam perasaan yang tidak bisa dirasakan oleh si ibu. Tetapi, ketika menjelang kelahiran, atau saat memasuki trimester kelahiran buah hati, biasanya akan melakukan beberapa persiapan untuk menyambut kelahiran sang pujaan hati. Mulai dari persiapan mental hingga fisik. Meski begitu, masih ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menyambut proses kelahiran agar berjalan secara lancar.

Ada beberapa persiapan untuk menyambut kehadiran buah hati :

1.Perlengkapan bayi

Apabila kelahiran buah hati ini merupakan anak pertama maka ada sejumlah perlengkapan yang perlu dipersiapkan. Saat memasuki masa kelahiran, biasanya pada bulan ketujuh banyak orang tua yang mempersiapkan segala jenis perlengkapan bayi untuk menyambut anak pertama maka anda harus mempersiapkan beberapa hal seperti perlengkapan baju bayi, alat mandi dan hal lainnya.

2.USG 4D

Seperti yang kita ketahui bahwa akhir-akhir ini USG 4D sangat populer karena sering dijadikan sebuah media untuk melihat wajah sang buah hati saat masih dalam kandungan. Dan dapat mengabadikan rekaman janin yang bergerak ke dalam bentuk CD. USG 4D ini juga sangat diwajibkan apabila dokter agar dapat menemukan kelainan pada pemeriksaan sebelumnya.

3. Konsultasi ke konselor laktasi

Seorang ibu pasti mendambakan ASI yang berlimpah, dan demi menunjang kesehatan bayi. Karena tidak sedikit pula yang mengalami permasalahan ASI dan merasa gagal saat mengalami baby blues. Untuk menghindari adanya hal seperti itu, anda harus berkonsultasi dengan konselor laktasi. Dengan melakukan konsultasi bersama konselor laktasi, anda juga dapat meminta tips agar produksi ASI dapat mencukupi secara maksimal hingga anak berusia dua tahun. Persiapan anak pertama dengan memastikan ASI menjadi salah satu hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh seorang ibu.

See Also

4. Pemeriksaan laboratorium

Menjelang persalinan biasanya calon ibu akan disarankan untuk melakukan serangkaian pemeriksaan laboratorium. Ada beberapa pemeriksaan yang dilakukan oleh ibu hamil, diantaranya adalah hematologi, golongan darah + rhesus, urinalisa dan serologi yang berguna untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang akan menghambat proses melahirkan. Misalnya, saat kadar hemoglobin yang rendah, maka proses persalinan akan membahayakan dan bisa timbul rasa lemas berlebih atau bahkan pendarahan yang dapat menyebabkan kontraksi.

5.Imunisasi bayi

jika bayi sudah lahir maka bayi akan membutuhkan imunisasi secara bertahap.Pemerintah juga menganjurkan melalui Kementerian Kesehatan bahwa mewajibkan anak melakukan imunisasi saat berusia 0-18 bulan, imunisasi ini penting dilakukan, karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap suatu penyakit. Beberapa di atas merupakan persiapan yang perlu dilakukan untuk menyambut kelahiran buah hati.

Scroll To Top