Resepsi Indoor atau Outdoor ? Perhatikan Kelebihan dan Kekurangannya

Resepsi Indoor atau Outdoor ? Perhatikan Kelebihan dan Kekurangannya

Bingung memilih tempat untuk resepsi pernikahan, mau resepsi indoor atau outdoor. Tidak perlu bingung, baik indoor maupun outdoor keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Apapun yang Anda pilih, yang terpenting adalah pertimbangkan sisi negatif dan positifnya, jumlah tamu, cuaca dan lokasi, serta harapan kamu dan pasangan kamu. Berikut ini adalah kekurangan dan kelebihan resepsi indoor maupun outdoor yang mesti kamu perhatikan.

Resepsi Pernikahan Indoor

resepsi indoor

(+) Tidak Ada Masalah Cuaca

Salah satu kelebihan terbesar untuk resepsi pernikahan indoor adalah tidak adanya kekhawatiran akan cuaca yang tidak dapat diprediksi. Hujan, angin dan terik matahari semua tidak menjadi masalah. Memang, cuaca akan berpengaruh dalam hal foto pernikahan dan mungkin transportasi, terutama untuk pengantin wanita. Tapi, pernikahan di dalam ruangan sering dipilih karena faktor risiko yang lebih sedikit, apalagi kalau dilaksanakan di musim hujan.

(+) Banyak pilihan Dekorasi

Ini adalah bagian yang paling menyenangkan. Kamu tidak perlu membatasi kreativitas, dan kamu juga bisa mendapatkan tema pernikahan yang sesuai dengan keinginan. Intinya resepsi pernikahan di dalam ruangan memberikan keleluasaan kamu dalam mendesain dekorasi impian kamu.

(+) Kontrol suhu dan ruangan

Mengadakan pesta di dalam ruangan akan memudahkan pengaturan suhu ruangan, dan juga akan dengan mudah mengontrol suasana karena tamu tidak akan kemana-mana dan hanya akan fokus pada acara pernikahan.

(-) Ruangan yang terbatas

Kapasitas ruangan biasanya akan menjadi kendala calon pengantin saat memilih resepsi indoor. Calon pengantin pun perlu menyesuaikan kapasitas gedung dengan jumlah tamu undangan. Untuk menangani masalah ini kamu harus mempersiapkan jauh-jauh hari, menyewa dan memberikan tanda jadi (DP) kepada pengelolah gedung.

(-) Jadwal pemesanan gedung  

Bagi calon pengantin yang ingin menggelar resepsi indoor, sebaiknya melakukan booking / membayar DP sejak jauh-jauh hari. Beberapa gedung favorite, yang memiliki kapasitas besar, ruang parkir memadai, akses mudah dan desain yang menarik biasanya sudah full booking untuk setahun kedepan, kamu harus membuat keputusan cepat dan yang pasti beresiko juga sih.

Resepsi Pernikahan Outdoor

resepsi outdoor

(+) Suasana Lebih Santai

Suasana pernikahan outdoor tentunya identik dengan suasa akrab dan santai. Sangat cocok bagi calon pengantin yg menginginkan suasana pesta yang informal.

(+) Pemandangan Alami

Pemandangan alam adalah salah satu faktor yang berpengaruhi ketika memilih pernikahan outdoor. Suasana taman, lautan dan pemandangan alami lain nya akan menjadi hal yang tak terlupakan bagi calon pengantin beserta tamu undangan.

(-) Cuaca

Baik hujan atau panas yang terlalu terik pada pernikahan outdoor akan sangat menggangu para tamu untuk bisa menikmati acara pesta dengan nyaman. Lakukan observasi terlebih dahulu, apakah pelaksanaan sore hari matahari nya terasa terik, atau jika dilakukan malam hari apakah penerangan di lokasi memadai. Sangat disarankan untuk datang ke lokadi saat ada pelaksaan resepsi, kamu bisa melihat langsung kondisi resepsi pernikahan di lokasi tersebut.

(-) kendala Logistik

Saat memilih tema outdoor akan ada beberapa area yang membutuhkan persiapan khusus. Maka calon pengantin kamu pun harus menyiapkan sendiri berbagai fasilitas yang di butuhkan seperti air bersih, toilet, listrik dan lain lain. Untuk menangani masalah ini kamu bisa mencari vendor venue pernikahan yang menang siap menangani hal-hal seperti ini, sekali lagi lakukan observasi terlebih dahulu sebelum memutuskan memilih lokasi tersebut.