Now Reading
Menikah di KUA Saja? Ini Rincian Biaya Pernikahan di KUA

Menikah di KUA Saja? Ini Rincian Biaya Pernikahan di KUA

Rincian Biaya Pernikahan di KUA Tahun 2020

Menikah tidak harus dilakukan di rumah. untuk beberapa tahun belakangan, jika menikah pada hari dan jam aktif kerja, wajib dilakukan di KUA. Kecuali ada sebab tertentu atau habis waktu kerja, maka menikah di rumah bisa dilakukan. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa menikah di KUA tidak perlu mengeluarkan biaya atau gratis. Namun, tetap saja rincian biaya pernikahan di KUA untuk keperluan administrasi dan yang lain  tetap ada.

Bagi Anda yang berencana menikah di KUA wajib mengetahui rincian biaya pernikahannya. Tidak banyak sih, tapi tetap harus dipersiapkan:

Biaya Pencatatan Pernikahan

Menikah di KUA memang gratis jika pernikahan dilakukan pada saat jam kerja. Namun, Anda tetap harus menyediakan dana untuk biaya pencatatan pernikahan. Biaya yang dikenakan umumnya Rp. 30.000 saja.

Biaya Sewa Mobil

Untuk menuju ke KUA pastilah dibutuhkan kendaraan berupa mobil untuk kedua calon mempelai dan keluarga. Karena menikah di KUA, maka pengiring pernikahan tidak perlu terlalu banyak. Cukup perwakilan dari keluarga dekat saja selain orang tua. Dengan demikian mobil yang dibutuhkan tidak banyak sehingga lebih hemat biaya.

Biaya Konsumsi

Jangan mengira jika menikah di KUA tidak membutuhkan konsumsi. Anda tetap bisa membawanya walaupun tidak dalam porsi besar. Cukup sebagai bentuk syukuran dengan keluarga yang hadir dan beberapa pegawai KUA.

Biaya untuk Mahar

Mahar adalah poin wajib dalam sebuah pernikahan. Mahar tidak harus mahal dan banyak. Anda bisa menyiapkannya sesuai dengan permintaan calon pengantin wanita.

Biaya untuk Dokumentasi

Meskipun bisa menggunakan jasa keluarga sendiri dengan kamera seadanya, tetap saja menggunakan jasa fotografer selalu dibutuhkan untuk menghasilkan foto yang lebih bagus dan profesional.

Biaya Gaun Pernikahan

Menikah dan gaun pernikahan adalah 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Gaun pernikahan, baik itu menyewa atau buat sendiri tetap membutuhkan biaya. Jumlah biaya yang dikeluarkan tergantung dari model gaun yang dikenakan. Jika tidak ingin mengeluarkan biaya yang banyak, pilih model yang sederhana, tapi tetap elegan.

Tips Menikah di KUA

Tidak semua orang memilih untuk menikah di KUA. Banyak yang masih memilih untuk menikah di rumah atau masjid agar lebih sakral.  Namun, karena menikah di jam kerja wajib di KUA, maka keinginan tersebut tidak bisa sepenuhnya terwujud.

See Also

Berikut ini akan diulas tentang tips menikah di KUA dengan tetap mengusung bak pernikahan di rumah atau masjid:

Ajak Orang Terdekat Saja

Biasanya sebuah pernikahan akan lebih syahdu dan sakral jika dihadiri oleh orang atau keluarga dekat. Hal tersebut juga dapat Anda lakukan jika menikah di KUA. Untuk menambah kesakralan pernikahan, ajak keluarga dekat saja untuk hadir di momen akad nikah yang dilakukan di KUA.

Buat Dekorasi Sederhana Sebagai Both Foto di Luar KUA

Menikah di KUA dan ingin berfoto dengan both yang menarik? Boleh saja, asalkan telah ada ijin dari pihak KUA. Meski pernikahan hanya dihadiri keluarga atau teman dekat saja, both yang digunakan harus tetap maksimal dan menarik.

Nah, demikian rincian biaya pernikahan di KUA yang harus Anda persiapkan mulai dari sekarang jika telah merencanakan pernikahan dalam waktu dekat. Menikah di KUA pun dapat berkesan jika Anda menyiapkan segala sesuatunya dengan baik dan maksimal.

Scroll To Top