Now Reading
Pahami Penyebab Sakit Punggung Saat Hamil 1 Bulan

Pahami Penyebab Sakit Punggung Saat Hamil 1 Bulan

Sakit punggung ketika hamil memang akan menjadi kendala yang cukup menganggu, apalagi bagi wanita yang baru memasuki trimester pertama kehamilan. Sakit punggung bisa saja disebabkan karena adanya perubahan hormon dan otot-otot panggul. Diperkirakan ada sekitar 6-10 wanita hamil yang tiba-tiba mengalami sakit punggung. Sakit punggung saat hamil 1 bulan biasanya akan muncul saat digunakan untuk membungkukkan badan, berdiri, dan beraktivitas. 

Akan tetapi, banyak dokter yang sudah menyatakan bahwa sakit punggung ketika hamil merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Bahkan wanita juga akan sering merasakan yang namanya sakit kepala, kram, sampai mual dan muntah. Hal ini dirasakan bagi usia menikah yang ideal bahkan yang masih belum cukup umur sekalipun. Mau tahu apa penyebab dan cara mengatasi sakit punggung tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya. 

Penyebab Sakit Punggung Saat Hamil 1 Bulan

Sebenarnya kondisi tiap ibu hamil itu berbeda-beda, ada yang merasa sehat-sehat saja bahkan ada yang merasa sangat lemah karena begitu banyak keluhan. Sakit punggung umumnya sering kali dirasakan oleh 98% ibu hamil. Kira-kira apa penyebabnya? Sakit punggung bisa disebabkan karena terjadinya peregangan rahim, pelebaran pembuluh darah vagina, pelebaran rahim, dan terjadinya penarikan jaringan ligament atau penyangga rahim. 

Nyeri punggung akibat beberapa faktor tersebut biasanya akan membaik seiring berjalannya waktu. Namun jika Anda merasa kurang nyaman dengan kondisi tersebut, maka bisa memeriksakan diri ke dokter kandungan. Apalagi jika nyeri punggung disertai dengan mual, muntah, nyeri saat BAK, sering demam tinggi sampai terjadi pendarahan. Kondisi tersebut perlu adanya tindakan dari dokter untuk mencegah terjadinya masalah tertentu. 

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi nyeri punggung. Akan tetapi, beberapa tindakan ini bisa dilakukan ketika nyeri punggung yang dialami ringan. Ketika nyeri punggung disertai gejala lain yang berbahaya, maka segera periksakan ke dokter. 

Melakukan Pijatan

Coba lakukan pijatan pada bagian punggung bawah atau keseluruhan punggung. Minta seorang terapis atau suami untuk memberikan pijatan dengan lembut pada punggung. Jika dilakukan secara rutin, biasanya akan mengatasi nyeri sakit otot dan rasa lelah. 

See Also

Melakukan Kompres Punggung

Ibu hamil juga bisa mencoba untuk melakukan kompres punggung menggunakan es batu dan handuk. Kompres dingin setidaknya bisa dilakukan selama 20 menit dan diulang sampai 3x sehari. 

Berolahraga

Ibu hamil yang rutin melakukan olahraga bisa membantu memperkuat dan meningkatkan kekuatan otot. Olahraga aman bisa dilakukan selama kehamilan seperti berjalan kaki, senam kegel, yoga prenatal, berenang, dan pilates. 

Akupuntur

Akupuntur bisa membantu meredakan sakit punggung yang dialami ibu hamil. Akan tetapi, lebih baik pilih praktisi yang terlatih dan berpengalaman untuk menjalankan akupuntur  atasi sakit punggung saat hamil 1 bulan ya!

Scroll To Top