Now Reading
Seberapa Pentingkah Vaksin Nikah? Berikut Ulasannya

Seberapa Pentingkah Vaksin Nikah? Berikut Ulasannya

Vaksin Nikah Sangatlah Penting Bagi Kesehatan dan Tidak Bisa Dianggap Remeh

Salah satu hal wajib yang perlu Anda lakukan menjelang pernikahan yaitu melakukan vaksin nikah. Akan tetapi, banyak juga di antara calon mempelai suami istri yang malas untuk melaksanakan vaksin pra nikah tersebut. Sehingga timbul pertanyaan seberapa penting vaksin pra nikah tersebut?

Mungkin sebagian besar bagi Anda, beranggapan bahwa vaksin pra nikah merupakan hal kuno yang tidak wajib. Selain itu, ada juga yang mengesampingkan vaksin pra nikah karena terlalu sibuk mengurus acara pernikahan seperti konsep acara pernikahan, penyewaan gedung resepsi, dan lainnya.

Sehingga, sering terlintas di pikiran Anda mengenai pentingnya vaksin pra nikah tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda mengetahui tujuan dan manfaat dari pra nikah berikut ini:

Tujuan Vaksin Pra Nikah Menurut Pakar Kesehatan

Menurut salah satu pakar kesehatan, dr. Kristoforus Hendra Djaya Sp. PD, bahwa dengan melakukan vaksin pra nikah dan pemeriksaan kesehatan reproduksi calon pasangan suami istri sangat menentukan masa depan dari pernikahan itu sendiri.

Banyak sebagian besar dari calon pasangan suami istri yang meremehkan terkait masalah kesehatan yang sejatinya merupakan investasi jangka panjang. Pasalnya, dengan memeriksa kesehatan reproduksi dapat mendeteksi sejak dini yang kemungkinan bisa ditransfer ke pasangan maupun calon bayi yang dikandung.

Dan hal yang tak kalah penting lainnya yaitu dengan mencegah terjadinya berbagai penyakit yang bisa membahayakan kesehatan calon ibu dan cabang bayi dengan melakukan vaksin pra nikah.

Menurutnya pakar kesehatan tersebut, pemeriksaan kesehatan reproduksi tersebut meliputi pemeriksaan TORCH atau Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, hingga Herpes Simpleks dan juga penyakit teleseminia. Pasalnya, beberapa penyakit tersebut sangat rentan menurun ke anak.

Selain itu, pemeriksaan kesehatan saja tidak cukup bagi calon mempelai suami istri, karena fungsi pemeriksaan ini hanya sekadar untuk mendeteksi penyakit. Sementara untuk menghindari terjadi penyakit yang rentan menyerang calon ibu dan anak perlu adanya pencegahan melalui vaksin pra nikah.

Waktu dan Biaya Vaksin Pra Nikah

Waktu yang tepat untuk melakukan vaksin pra nikah yaitu sekitar tujuh bulan menjelang hari pernikahan.

Sementara untuk biaya setiap jenis vaksin pun berbeda-beda. Namun, secara umum biaya keseluruhan vaksin tersebut paling murah sebesar 300 ribu.

Manfaat Vaksin Pra Nikah Bagi Kesehatan Calon Ibu dan Bayi

See Also
Persiapan Sebelum Menikah

Terdapat segudang manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan vaksin pra nikah terutama bagi kesehatan calon ibu dan anak di masa mendatang, diantaranya:

  • ┬áMencegah Penyakit Kanker Serviks dan Kutil Kelamin

Untuk mencegah penyakit kanker serviks bagi calon mempelai wanita dan penyakit kutil kelamin pada calon mempelai pria, sebaiknya Anda melakukan vaksin HPV atau vaksin Human Papilloma Virus.

  • Mencegah Penyakit Campak dan Gondongan

Sementara untuk mencegah penyakit campak yang diderita calon anak dan juga gangguan kebutuhan hingga keguguran akibat penyakit gondongan, maka Anda wajib melakukan vaksin Mumps, Measles, Rubella (MMR).

  • Mencegah Penyakit Cacar Air

Untuk mencegah terjadinya penyakit cacar air pada ibu hamil yang juga bisa menyerang ke bayi yang dilahirkan dengan vaksin Varicella.

  • Mencegah Penyakit Hepatitis B

Sedangkan untuk mencegah penyakit hepatitis B yang bisa menular ke pasangan melalui hubungan suami istri maupun darah seperti penyakit kuning, liver, dan kanker dengan vaksin Hepatitis B.

  • Mencegah Infeksi Bakteri DPT

Sementara untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri Diphtheria Tetanus Pertussis (DPT) yang rentan menyerang bayi dengan vaksin DPT.

Nah, itulah beberapa ulasan terkait tujuan dan manfaat dari vaksin nikah. Menilik dari ulasan tersebut dapat disimpulkan bahwa vaksin pra nikah sangat penting untuk menjaga kesehatan di masa mendatang.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top