Now Reading
Tabungan Biaya Nikah, Gabung Calon Pasangan atau Sendiri?

Tabungan Biaya Nikah, Gabung Calon Pasangan atau Sendiri?

Persiapan yang cukup banyak sebelum melaksanakan pernikahan, membuat pasangan yang akan menikah harus mempersiapkan semuanya dengan matang. Sehingga banyak pasangan yang membuat tabungan biaya nikah.

Namun tidak sedikit pula yang masih bingung untuk memilih jenis tabungan. Apakah tabungan yang dibuat harus jadi satu dengan pasangan, ataukah sendiri-sendiri? Bagi Anda yang berencana menikah dan berencana membuat tabungan nikah, simak ulasan berikut ini.

Tabungan Persiapan Nikah

Tidak sedikitnya biaya pernikahan, terkadang membuat sebagian orang menjadi menunda untuk menikah. Padahal hal tersebut tidak akan terjadi jika anda telah mempersiapkan semuanya. Entah itu anda siapkan sendiri ataupun bersama pasangan. Semua itu bisa anda bicarakan dengan pasangan anda.

Bagi anda yang masih bingung dalam memutuskan untuk membuat tabungan biaya nikah, simak ulasan berikut ini. Paling tidak anda menjadi memiliki bahan pertimbangan, sebelum akhirnya memutuskan untuk membuat tabungan pra nikah.

Diskusi dengan Pasangan

Sebagai calon pasangan yang akan memutuskan hidup bersama. Maka anda perlu mendiskusikan hal-hal penting yang menyangkut keberlangsungan pernikahan anda. Salah satunya adalah membicarakan tabungan persiapan pernikahan.

Memiliki tabungan bersama menjadi penting, ketika anda dan pasangan sudah akan menikah dan yakin satu sama lain. Namun, akan menjadi sebuah keraguan jika salah satu dari anda ataupun pasangan anda yang takut jika tidak jadi berjodoh. Sesuaikan saja dengan pengambilan keputusan bersama agar upaya menabung untuk mempersiapkan pernikahan bisa berjalan lancar.

Banyaknya Keuntungan Memiliki Tabungan Bersama

Ada banyak keuntungan yang akan anda dapatkan jika telah memiliki tabungan bersama. Dimana persiapan anda dan pasangan akan menjadi semakin matang dan lebih siap dalam mempersiapkan semuanya. Besarnya biaya resepsi pernikahan juga tidak menjadi masalah ketika anda dan pasangan sudah siap dengan tabungan pernikahan.

Risiko Tabungan Bersama Pasangan Sebelum Nikah

Meskipun memiliki keuntungan dengan menjadi siapnya anda dan pasangan. Ternyata tak menutup kemungkinan juga akan ada resiko yang akan anda hadapi dengan pasangan. Terutama jika hubungan anda dan pasangan tidak bisa berjalan dengan baik dan harus memutuskan untuk berpisah.

See Also

Ini justru akan menjadi bumerang bagi anda dan pasangan. Anda dan pasangan akan menjadi canggung ketika harus membagi dua uang tabungan tersebut. Maka dari itu, pikirkan bersama pasangan sebelum anda memutuskan untuk membuat tabungan bersama.

Perhitungan Tabungan Bersama

Apabila anda dan pasangan memutuskan untuk menabung bersama, maka jangan lupa untuk menentukan besaran tabungan. Misalnya saja anda dan pasangan akan menabung 10 persen dari gaji masing-masing. Maka, anda dan pasangan harus menaati kesepakatan tersebut dalam proses menabung.

Atau jika anda memiliki ketentuan lain juga tidak masalah. Asalkan anda dan pasangan sudah menyepakati bersama.

Apapun keputusan anda dalam membuat tabungan biaya nikah. Upayakan untuk tetap mengkomunikasikan dengan pasangan. Belajarlah untuk saling terbuka, agar hubungan yang dijalani bisa berjalan dengan baik dan tabungan bisa tercapai. 

Scroll To Top