Takut Memilih Jodoh? Berikut 7 Tips Memilih Jodoh yang Tepat

Takut Memilih Jodoh? Berikut 7 Tips Memilih Jodoh yang Tepat

Adakah Tips Memilih Jodoh yang Tepat?

Tips mencari jodoh merupakan salah satu pembahasan yang paling banyak dicari, terutama oleh pasangan-pasangan yang belum menikah. Sebagian besar dari mereka masih ragu untuk melangkah ke jenjang berikutnya, yakni pernikahan lantaran belum merasa yakin.

Kendati telah berpacaran selama bertahun-tahun lamanya, belum tentu pasangan yang kini mendampingi Anda adalah jodoh sesungguhnya. Pasalnya, tak sedikit di antara mereka yang memutuskan menikah lalu menemukan rasa bahagia.

Di sisi lain, ada segelintir pasangan yang baru bertemu dan merasa cocok kemudian menikah dan hidup bahagia. Barangkali, fenomena ini terasa aneh, meskipun cukup banyak contoh di kehidupan nyata.

Alih-alih disebut aneh, fenomena tersebut adalah sesuatu yang wajar. Pasalnya, jodoh akan datang di waktu yang tepat. Ingat, lama menjalin kasih bukan jaminan bahwa pasangan Anda adalah jodoh yang dikirimkan Tuhan.

Cara Cerdas Tentukan Jodoh yang Tepat

Lantas, bagaimana cara mengetahui bahwa si dia jodoh Anda atau bukan? Agar tidak penasaran, yuk, simak sederet tips menentukan jodoh yang tepat berikut ini.

Mengenal Diri Sendiri

Tahukah Anda bahwa sangat penting untuk mengenal diri sendiri dengan baik? Mengenal diri sendiri bukan hanya soal apa yang Anda suka dan tidak Anda sukai, melainkan lebih dari itu.

Anda harus memahami diri, bagaimana perangai Anda, apa kelebihan dan kekurangan Anda, apa visi dan misi Anda, apa arti hidup bagi Anda, apa arti pernikahan, hingga bagaimana cara Anda menjalani hidup.

Dengan mengenal diri sendiri dengan baik, Anda akan mudah memahami orang lain. Anda pun tidak akan kesulitan untuk mengerti bagaimana perasaan dan pandangan orang lain terhadap Anda. Cara ini sangat ampuh untuk mempercepat proses penemuan cinta sejati Anda.

Seiman

Berpacaran dengan orang yang berbeda keyakinan cukup merepotkan. Meskipun tampak sepele, faktanya perbedaan keyakinan menjadi salah satu penyebab putus terbanyak. Alangkah lebih bijak jika Anda mencari pasangan seiman.

Selain memudahkan Anda mendapatkan restu, Anda akan lebih mudah membicarakan visi dan pernikahan, tanpa memikirkan perbedaan keyakinan.

Sederajat

Tips selanjutnya adalah jangan memilih pasangan yang berbeda status sosial. Meskipun tampak sepele, perbedaan status sosial akan menyulitkan salah satu pihak. Bahkan tak jarang keadaan ini menjadi salah satu batu sandungan yang menyebabkan gagalnya pernikahan.

Saling Melengkapi

Pilihlah pasangan yang dapat melengkapi kekurangan Anda, pun demikian dengan Anda yang dapat melengkapi pasangan. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah menata masa depan. Pernikahan pun bukan sekadar impian semata.

Kepribadian yang Baik

Apalah arti harta jika pasangan Anda tidak memiliki kepribadian baik, misalnya ringan tangan atau suka berbohong? Anda mungkin akan bahagia secara materi, tetapi tidak dengan kebahagiaan batin.

Dapat Membuat Anda Nyaman

Pasangan yang dapat membuat Anda nyaman, meskipun baru pertama kali berjumpa menjadi salah satu tanda bahwa dia adalah jodoh Anda. Kenyamanan merupakan salah satu kunci pernikahan sukses.

Pilih yang Bertolak Belakang

Persamaan memang menyenangkan, tetapi dapat menjadi suatu masalah di kemudian hari. Oleh karena itu, pilihkan pasangan yang bertolak belakang dengan Anda. Misalnya, perbedaan hobi, cara pandang, ataupun kesukaan. Dengan cara ini, hidup Anda akan lebih seru dan berwarna.

Itulah sejumlah tips memilih jodoh yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Pastikan agar Anda merasa nyaman satu sama lain dengan rutin berkomunikasi dan terbuka. Selamat menemukan jodoh Anda!