Now Reading
Tanggal Baik Untuk Menikah Di Tahun 2022 menurut Islam

Tanggal Baik Untuk Menikah Di Tahun 2022 menurut Islam

Menikah di dalam Islam merupakan sunnah yang besar pahalanya, karena menikah dengan niat baik karena Allah SWT, menghindari zina, dan takut akan perbuatan dosa adalah hal yang sangat mulia. Anjuran menikah juga disebutkan beberapa kali di dalam Al-Qur’an, serta adanya kisah-kisah Rasulullah SAW serta para sahabat tentang dunia pernikahan membuktikan bahwa Islam sesungguhnya sangat memperhatikan bagaimana hubungan antar manusia terutama laki-laki dan perempuan dengan cara yang baik di dimuliakan Allah SWT.

Pernikahan menjadi acara yang sakral dan penuh dengan persiapan. Anda baik yang ingin menikah usia muda, di usia mapan ataupun matang, bahkan bukan pernikahan untuk kali pertama masih sangat membutuhkan banyak referensi dan motivasi yang baik. Karena pernikahan dalam Islam merupakan ibadah seumur hidup, maka kita sebagai manusia harus lebih berhati-hati dalam melangkah. Mulai dari memilih pasangan hidup, kematangan mental dan psikis, restu keluarga, rangkaian acara pernikahan, hingga ke penanggalan atau hari janji atau ijab kabul dilaksanakan.

Untuk tanggal baik 2022 Islam sebetulnya sangat banyak, karena di dalam Islam semua tanggal itu baik. Akan tetapi ada beberapa bulan dan tanggal baik 2022 Islam yang dianjurkan untuk melaksanakan pernikahan, misalnya pada bulan Syawal. Sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW saat menikahi Aisyah RA di bulan Syawal. Akan tetapi ada bulan lain lagi yang juga dianjurkan yaitu pada bulan Ramadhan. Akan tetapi banyak umat Islam yang tidak melakukannya pada bulan Ramadhan karena ditakutkan hawa nafsu, karena seharusnya bulan Ramadhan wajib bagi seorang muslim melakukan puasa dan menjauhi larangan-Nya.

Semua bulan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dapat menjadi referensi bulan pernikahan yang baik di tahun 2022, baik bagi anda yang menikah usia muda, di usia yang matang, maupun bukan pernikahan kali pertama. Bulan Syawal pada tahun 2022 jatuh pada bulan Mei 2022, anda dapat memilih tanggal baik 2022 Islam pada bulan ini.

See Also

Selain pada bulan Syawal, Rasulullah SAW juga menikah dengan beberapa istrinya pada bulan-bulan lain, diantaranya pada bulan Rabi’ul Awal, bulan Sya’ban, bulan Jumadil Akhir, bulan Dzulqoi’dah. Bulan Rabi’ul Awal di tahun 2022 Masehi akan jatuh pada bulan September, untuk bulan Jumadil Akhir di tahun 2022 Masehi jatuh pada bulan Februari. Kemudian yang terakhir untuk bulan Dzulqoi’dah pada kalender Masehi 2022 jatuh pada bulan Juni.Dari beberapa bulan yang merupakan bulan pernikahan Rasulullah SAW tersebut, anda bisa memilih dan memutuskan tanggal baik, yang tentunya disepakati oleh kedua mempelai dan keluarga besar. Baik bagi anda yang menikah usia muda, di usia yang matang, maupun bukan pernikahan kali pertama juga dianjurkan untuk memilih melaksanakan akad di hari Jum’at sebagaimana hari Jum’at merupakan hari penuh keberkahan bagi umat Islam.

Scroll To Top