Ini Pilihan Tanggal Baik Pernikahan 2021 Menurut Islam

Menikah di Tanggal Baik Pernikahan 2021 Menurut Islam

Semua tanggal yang ada dalam waktu satu tahun memiliki makna yang sama. Semua baik dan bisa dipilih sebagai tanggal pernikahan. Namun, bagi sebagian orang pemilihan tanggal pernikahan sangat penting untuk dilakukan dengan hati-hati. Salah satunya bagi kaum Islam yang tentu saja ingin menikah di tanggal baik pernikahan 2021 menurut Islam.

Pernikahan adalah sebuah upacara yang sakral. Ini adalah momen dimana sepasang kekasih akan berjanji untuk saling menjaga dan sehidup semati. Pemilihan tanggal yang tepat akan membuat acara pernikahan menjadi semakin berkesan. Setiap orang memiliki pilihan tanggal yang berbeda-beda karena dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya agama.

Menurut Islam, ada beberapa pilihan waktu yang dianggap tepat untuk melangsungkan acara pernikahan. Berikut adalah pilihan waktu atau tanggal terbaik untuk menikah menurut Islam:

Bulan Syawal

Bulan syawal dianggap sebagai waktu yang tepat untuk melangsungkan pernikahan. Bisa kita lihat bahwa ada banyak pasangan yang memilih menikah beberapa hari setelah lebaran. Biasanya banyak undangan pernikahan yang datang di bulan Syawal. Selain dilakukan dengan alasan keluarga sedang berkumpul pasca lebaran, menikah di bulan Syawal juga dilakukan karena Rasulullah SAW.

Mengapa menikah di bulan Syawal? Hal ini karena Rasulullah SAW menikahi Saudah binti Zam’ah saat bulan Syawal. Selain itu, Rasulullah SAW juga memilih bulan Syawal untuk menikahi Aisyah binti Abu Bakar berselang satu tahun setelah menikahi Saudah. Tak heran banyak umat muslim yang juga ingin menikah di bulan Syawal seperti Rasulullah SAW.

Dzulqa’dah

Bulan Dzulqa’dah juga menjadi pilihan waktu yang tepat untuk menikah. Rasulullah SAW juga pernah menikah di bulan ini. Rasulullah SAW menikah dengan Zainab binti Jahsyi di bulan Dzulqa’dah. Selain itu, Rasulullah SAW juga menikahi seorang janda bernama Maimunah binti Al-Harits di bulan Dzulqa’dah. 

Sya’ban

Beberapa bulan dinilai menjadi waktu yang tepat untuk menikah menurut Islam karena dipilih Rasulullah SAW sebagai waktu menikah pula. Selain saat bulan Syawal dan Dzulqa’dah, Rasulullah SAW ternyata juga pernah menikah di bulan Sya’ban. Saat itu, Rasulullah SAW menikahi Hafsah binti Umar bin Khattab.

Selain Hafsah binti Umar bin Khattab, Rasulullah SAW juga menikahi Juwairiyah binti Al-Harits pada bulan Sya’ban. Jika tidak memungkinkan untuk menikah di bulan Syawal dan Dzulqa’dah, Anda bisa memilih menikah di bulan Sya’ban.

See Also

Muharam

Rasulullah SAW pernah memilih bulan Muharam sebagai waktu pernikahan dengan istrinya yang bernama Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan. Selain itu, Shafiyyah binti Huyay bin Akhtab juga dinikahi oleh Rasulullah pada bulan ini. Memilih menikah di bulan Muharam juga dipercaya bisa mendatangkan berkah bagi pasangan.

Rabiulawal

Rasulullah SAW menikahi Khadijah binti Khuwailid pada bulan Rabiulawal. Tepatnya saat itu Rasulullah SAW menikah pada tanggal 10 Rabiulawal. Jika sulit bagi Anda menikah di bulan-bulan yang sudah disebutkan sebelumnya, maka Anda bisa menyelenggarakan pernikahan di bulan Rabiulawal ini.

Itulah tadi beberapa pilihan bulan yang tepat untuk menikah menurut Islam. Banyak pilihan tanggal baik pernikahan 2021 menurut Islam yang bisa Anda pilih. Akan jauh lebih baik jika Anda menentukan tanggal pernikahan sedini mungkin. Hal ini dilakukan agar persiapan pernikahan bisa lebih matang dan tidak dilakukan secara terburu-buru.

Scroll To Top