Now Reading
Tips Memilih Macam-Macam Hidangan Pernikahan

Tips Memilih Macam-Macam Hidangan Pernikahan

Tips Catering Pernikahan: Cara Memilih Menu Hidangan

Pernikahan merupakan momen penting dan membahagiakan dalam hidup. Pada pesta pernikahan, banyak hal yang harus dipersiapkan secara matang. Salah satunya adalah masalah makanan atau catering. Kali ini, kami akan mengulas seputar tips catering pernikahan, cara memilih menu yang tepat. 

Dalam benak para tamu undangan, pesta pernikahan identik dengan makanan lezat. Menghidangkan makanan enak adalah hal penting yang harus diperhatikan pemilik pesta. Karena, kelezatan hidangan akan memberi kepuasan pada para tamu undangan. Hal itulah yang juga menjadi indikator kesuksesan suatu pesta pernikahan. 

Tips Memilih Menu Prasmanan Pernikahan

Tanpa berlama-lama lagi, berikut tips memilih menu catering agar para tamu senang:

Menyesuaikan Menu dengan Tema Pesta Pernikahan

Apa tema pernikahan Anda? Apakah tradisional, atau internasional? Jika pernikahan Anda bertemakan tradisional, sajikanlah menu yang didominasi dengan makanan khas daerah. Beberapa di antaranya seperti sate, bakso, siomay, dan lainnya. 

Namun, jika pernikahan Anda bertema internasional, maka hidangan pun berbeda lagi. Menu lebih cenderung kepada jenis-jenis makanan seperti kebab, steak, dan menu internasional lainnya. 

Menentukan Jumlah Makanan

Dalam pesta pernikahan, menyusun jumlah makanan adalah hal yang tak kalah penting. Hitunglah daftar tamu undangan untuk mendapatkan jumlah makanan. Jika sudah dihitung, siapkanlah menu lebih banyak dari jumlah tamu undangan. Sebaiknya sediakan porsi dua kali lipat. Misalnya, tamu undangan 500 orang, maka sediakanlah makanan untuk 1000 orang. 

Namun, biasanya hanya sekitar 85% hingga 90% saja tamu undangan yang hadir. Jadi, angka 1000 bisa Anda kurangi 85%-90%. 

Menyediakan Menu yang Bevariatif

Daging adalah menu yang istimewa. Tapi, jika semua menu yang dihidangkan adalah daging, maka makanan akan terasa membosankan. Maka dari itu, variasikanlah menunya. Tujuannya agar para tamu undangan dapat memilih dengan bebas menu makanan yang mereka sukai. 

Jangan lupa juga menyediakan menu makanan ringan. Anda bisa memilih menu yang sederhana saja. Untuk makanan ringan, Anda bisa memilih es krim, kue anak kecil, puding, dan masih banyak lainnya. 

Memilih Menu yang Disukai Banyak Orang

Pastikan Anda memilih menu makanan yang sudah dikenal oleh banyak orang. Hindari pilihan menu aneh yang masih kurang akrab bagi masyarakat sekitar. Jangan lupa juga untuk memilih makanan yang tidak merepotkan saat disantap. Karena, kebanyakan orang cenderung lebih suka dengan makanan yang praktis. 

See Also

Beberapa menu yang harus dihindari seperti iga atau ikan berduri. Tulang iga dan duri biasanya menyulitkan para tamu. Terkait ikan, Anda bisa membuat durinya lunak dengan cara dipresto. 

Sesuaikan Menu dengan Daerah Asal Kedua Pasangan Pengantin

Kebanyakan menu pesta pernikahan disesuaikan dengan tempat asal kedua pasangan pengantin. Menu yang dihidangkan biasanya mengambil masakan khas daerah masing-masing. Misalnya, jika Anda berasal dari Palembang, bisa memasukan menu seperti tekwan dan pempek. 

Menu makanan khas daerah tidak kalah lezat dibandingkan menu-menu khas luar negeri. Masakan khas Indonesia kaya akan rempah. Jadi, jangan ragu untuk memilih menu-menu terbaik khas daerah. Selain lezat, juga dapat meningkatkan kepuasan para tamu undangan.

Itulah tips catering pernikahan seputar memilih macam-macam hidangan yang tepat. Namun, alangkah baiknya, pemilihan menu juga disesuaikan dengan budgeting. Jangan lupa juga untuk memerhatikan jumlahnya. Karena, lezat saja tidaklah cukup. Jika jumlah porsinya kurang, tentu akan berdampak pada ketidakpuasan para tamu. Jadi, antara kelezatan menu, harus berbanding lurus dengan jumlah porsi yang sesuai dengan para tamu undangan. 

Scroll To Top