Tips Menabung Buat Nikah dengan Gaji 1 Juta

Tips Menabung Buat Nikah dengan Gaji 1 Juta

Tips Menabung Buat Nikah Gaji 1 Juta? Bisakah?

Setiap manusia pasti mempunyai keputusan masing-masing, termasuk saat memutuskan rencana pernikahan. Ada orang yang memutuskan untuk nikah muda, ada pula yang berencana menikah setelah sukses. Namun, dibalik hal tersebut, poin lain yang harus disiapkan dari awal adalah mental dan urusan finansial. Urusan finansial menjadi sangat penting karena biaya untuk menggelar pesta pernikahan sama sekali tidak murah. Jika sekarang hanya memiliki gaji Rp 1 juta, bagaimana tips menabung buat nikah yang dapat dilakukan? Apakah mungkin bisa menabung untuk pesta pernikahan?

Trik Menabung Biaya Pernikahan dengan Gaji 1 Jutaan

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat ingin menabung, meskipun dengan gaji Rp 1 jutaan, antara lain:

Tentukan target yang ingin Anda capai

Sebelum mengisi pundi-pundi tabungan, Anda bisa menentukan target tabungan yang ingin Anda penuhi, dengan harapan bisa menjadi semakin terarah. Contohnya, dalam waktu 1 tahun, jumlah tabungan harus terkumpul beberapa juta. Dengan target ini, Anda akan lebih mudah untuk hidup hemat dan dapat melangsungkan acara pernikahan dengan cepat.

Sebisa mungkin tekan kebutuhan sehari-hari

Tak hanya tabungan, Anda juga harus memikirkan biaya untuk kebutuhan sehari-hari, contohnya seperti biaya listrik, makan, internet dan yang lainnya. Karena pos pengeluaran ini begitu beragam, Anda bisa mengontrol setiap pos dengan perkiraan jumlah yang pas, contohnya untuk kebutuhan makan sebesar Rp 30 ribuan di potong menjadi Rp 10 ribu.

Namun, penekanan biaya pengeluaran ini harus dilakukan dengan wajar, jangan sampai terkesan terlalu pelit atau kikir sampai menyiksa diri Anda sendiri. Bila ingin makan di luar, tidak masalah. Boleh-boleh saja, asalkan tak terlalu sering. Anda juga dapat menggunakan berbagai macam promo yang sering diselenggarakan oleh penyedia e-wallet.

Tak perlu kencan mewah

Saat malam minggu, biasanya paling tidak membutuhkan biaya Rp 200 ribuan untuk sekali jalan bersama dengan pasangan. Sebenarnya, pengeluaran ini bisa dipangkas menjadi lebih hemat. Anda bisa nonton film bersama di rumah sembari masak bersama, atau berkumpul bersama dengan keluarga agar saling mengenal. Biaya ini jauh lebih hemat dibandingkan dengan harus nonton film ke bioskop atau pergi ke tempat hiburan.

Lunasi seluruh tagihan Anda dan hindari hutang

Ketika memiliki hutang, Anda tak hanya membayar cicilan hutang, namun juga bunga. Selain itu terdapat denda bila Anda terlambat melakukan pembayaran melebihi batas tempo. Bayangkan bila Anda selalu menunda melakukan pembayaran berulang-ulang kali, berapa banyak hutang yang harus Anda bayar. Oleh sebab itu, sebelum mulai menabung, lunasi semua cicilan Anda terlebih dahulu. Selain itu hindari kebiasaan menunda pembayaran atau hanya membayar jumlah minimal.

Bagi pos pengeluaran dengan baik

Karena memiliki gaji Rp 1 jutaan, Anda harus dapat membagi pos-pos pengeluaran dengan tepat.  Contohnya, 40% untuk tabungan pernikahan, 30% untuk mencukupi kebutuhan dan 10% untuk hiburan dan 20% untuk dana darurat. Ana tetap harus memiliki dana darurat karena kejadian yang tidak terduga dapat terjadi di mana pun dan kapan pun. Jika masih belum tercukupi, Anda bisa mencoba mencari penghasilan tambahan.
Jika Anda dan pasangan saat ini sedang sibuk untuk merencanakan pesta pernikahan, proses yang harus dilalui memang tak mudah, karena banyak tantangan yang dapat mengecoh rencana ini. Tetapi, bila Anda dan pasangan sudah siap lahir dan batin untuk melangsungkan acara pernikahan, tentu saja akan lebih mudah untuk dilalui. Semoga tips menabung buat nikah di atas dapat membantu Anda.