Tips Menabung Buat Nikah Hanya Dalam 1 Tahun

Tips Menabung Buat Nikah Hanya Dalam 1 Tahun

Tips Menabung Buat Nikah yang Ampuh

Masuk ke jenjang pernikahan merupakan salah satu bukti keseriusan saat menjalin sebuah hubungan, apalagi jika kita mengingat pesta pernikahan yang digelar begitu sakral dan menghabiskan banyak biaya. Untuk masalah biaya, harus diakui bila berbagai macam cara dilakukan untuk memperbanyak pundi-pundi rupiah. Namun, tidak sedikit yang gagal karena tak bisa mengubah gaya hidup. Lantas, apa saja tips menabung buat nikah hanya dalam satu tahun?

Tips Menabung untuk Biaya Pernikahan Hanya Dalam 1 Tahun

Untuk mewujudkan pesta pernikahan yang sesuai dengan impian, Anda dapat menerapkan berbagai tips di bawah ini, antara lain:

Buat tabungan khusus

Hal yang pertama kali harus dilakukan saat ingin menabung untuk biaya pernikahan adalah membuka tabungan yang khusus untuk biaya pernikahan. Anda bersama dengan pasangan dapat mengisi tabungan bersama. Agar porsi tabungan sama, diskusikan nominal yang harus dimasukkan ke dalam tabungan setiap bulannya. Tujuan tabungan ini adalah untuk mengurangi pemborosan, sehingga Anda bisa lebih fokus menyiapkan biaya pernikahan.

Selain mengisi tabungan bersama, Anda juga harus mengisi tabungan pribadi. Uang tabungan pribadi ini nantinya bisa digunakan untuk menutupi kekurangan dari tabungan bersama. Karena arus pengeluaran semakin lama bertambah, usahakan lebih bijak untuk mengalokasikan gaji, alokasikan 1/5 gaji Anda untuk ditabung.

Beli berbagai produk investasi

Jika Anda dan pasangan memiliki penghasilan yang cukup besar, gunakan untuk membeli instrumen investasi seperti reksadana atau investasi fintech p2p lending. Investasi tersebut nantinya dapat dijual menjelang pesta pernikahan dengan tingkat keuntungan yang cukup tinggi. Untuk investasi reksadana, Anda dapat mencicil setiap bulan tanpa perlu membayar uang muka. Sisihkan uang untuk investasi reksadana sebesar Rp 600 ribuan per bulan. 

Hindari kencan mewah bersama dengan pasangan

Kebiasaan makan malam di malam minggu lebih baik mulai dihindari. Anda dapat merencanakan aktivitas bersama seperti menonton film di rumah atau sharing masalah di kantor. Walaupun terkesan membosankan, namun cara ini lebih hemat dibandingkan dengan menghabiskan uang untuk makan malam. Selain itu hal ini juga sangat berguna untuk membangun chemistry.

Usahakan dalam satu tahun mencicil kebutuhan untuk menikah

Ada berbagai macam keperluan untuk menikah yang harus Anda penuhi. Tak hanya mencari katering dan gedung pernikahan, Anda juga harus memikirkan gaun pengantin, seragam untuk keluarga hingga suvenir. Semuanya membutuhkan biaya yang sangat banyak, apalagi bila Anda menginginkan pesta yang mewah. Usahakan untuk mencicil keperluan setiap bulannya contohnya bulan ini Anda membeli kosmetik, bulan depan membeli seragam keluarga, bulan depan membeli sepatu, dan seterusnya. 

Rencanakan pernikahan yang sesuai dengan budget

Untuk memprediksi besarnya biaya pernikahan, rencanakan konsep pernikahan yang Anda ingini baik konsep outdoor atau pun indoor. Jika rencana pernikahan sudah dikantongi, Anda bisa mencari lokasi yang sesuai dengan budget sehingga pesta dapat berjalan dengan lancar. Jangan lupa selalu minta rekomendasi dari teman dan keluarga yang pernah melangsungkan pesta pernikahan. Untuk menambah referensi, Anda bisa menggunakan internet.
Meskipun terdapat tips menabung buat nikah di atas, namun yang harus disadari adalah, semakin cepat Anda menabung, maka semakin banyak pula dana yang dapat terkumpul. Biaya pernikahan saat ini tidak murah, sehingga usahakan lebih cepat dalam menabung, selain itu selalu terapkan cara di atas secara konsisten, agar hasil tabungan Anda bisa semakin maksimal.