Tips Menata Meja Makan Saat Lebaran

Tips Menata Meja Makan Saat Lebaran

Momen lebaran memang selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu umat Muslim di seluruh dunia. Karena setelah 30 hari berpuasa di bulan Ramadhan, akhirnya hari kemenangan pun tiba. Kumpul keluarga dan saling bermaafan menjadi kebiasaan yang terjadi pada saat Lebaran. Pada momen ini, satu kegiatan yang tak mungkin terlupa adalah makan bersama.

Berbagai menu khas Lebaran tentunya siap disuguhkan di atas meja makan seolah menyambut tamu dan keluarga yang datang ke rumah. Agar meja makan nampak lebih menarik dan segar, kamu bisa menatanya dengan berbagai cara. Berikut ini adalah tips menata meja makan saat Lebaran yang bisa kamu ikuti.

Tentukan Konsep dan Tema

Tips menata meja makan yang pertama adalah menentukan konsep dan tema dekorasi meja makan. Untuk tema, tentu saja adalah Lebaran. Kamu tinggal memikirkan konsep penataan meja makan yang cocok untuk keluargamu.

Jika jumlah anggota keluargamu tidak terlalu banyak, kamu bisa menata meja makan dengan konsep table manner di mana semua anggota keluarga akan makan bersama di satu meja makan yang telah ditata sebelumnya. Namun apabila jumlah anggota keluargamu banyak, kamu bisa memilih konsep meja makan prasmanan.

Gunakan Beberapa Ukuran Meja Makan

Pada saat Lebaran, kemungkinan makanan yang akan disuguhkan berjumlah banyak. Karena pada hari Lebaran, biasanya tak hanya keluarga saja yang datang berkunjung ke rumah, tapi juga tetangga hingga kerabat jauh. Untuk meletakkan makanan yang banyak ini, kamu membutuhkan beberapa meja makan dengan berbagai ukuran.

Manfaatkan meja makan berukuran paling besar untuk meletakkan menu makanan utama, seperti opor, ketupat, rendah, gulai, dan lainnya. Kamu bisa memilih meja makan bentuk bulat ataupun meja makan panjang. Untuk meletakkan menu pelengkap seperti kerupuk, sambal, dan lalapan, kamu bisa menggunakan meja makan berukuran lebih kecil yang diletakkan di sebelah meja makan utama. Sementara untuk menu pencuci mulut seperti buah dan es, gunakan meja makan tambahan yang lebih kecil.

Lapisi Taplak dengan Plastik

Meja makan akan terlihat lebih cantik apabila dilapisi dengan taplak meja. Untuk momen Lebaran, sebaiknya kamu melapisi taplak meja dengan plastik besar yang berukuran sama atau lebih lebar dari ukuran taplak meja makan. Penggunaan plastik pelapis ini adalah untuk mengurangi kemungkinan taplak meja kotor terkena cipratan kuah opor, gulai, dan makanan lainnya.

Alternatif lainnya yang bisa kamu gunakan adalah memilih taplak meja dengan warna yang gelap, agar noda makanan tidak terlalu terlihat.

Tambahkan Hiasan dan Aksesoris

Untuk membuat meja makan nampak tidak terlalu membosankan, kamu juga bisa menambahkan hiasan dan aksesoris meja, seperti taplak meja, bunga dalam pot, dan dekorasi lainnya dengan tema Lebaran. Tapi, ada beberapa hal juga yang perlu kamu perhatikan jika kamu ingin menambahkan hiasan atau aksesoris pada meja makan.

Jangan terlalu banyak meletakkan hiasan atau aksesoris karena itu akan membuat meja makan terlihat sempit. Lalu, pilihlah hiasan atau aksesoris meja makan yang relevan dengan tema dan konsep, agar meja makan tetap terlihat cantik.

Jangan Gunakan Bunga Beraroma Terlalu Kuat

Meletakkan bunga di atas meja makan dapat menjadi opsi penataan meja makan agar nampak lebih cantik dan segar. Namun, tidak semua bunga dapat kamu letakkan, ya. Bunga hidup / fresh yang beraroma terlalu kuat seperti bunga sedap malam, dapat bercampur dengan aroma masakan yang kamu hidangkan.

Untuk alternatifnya, kamu bisa memilih bunga dengan aroma yang lembut seperti bunga lily dan melati kuncup. Atau, agar lebih aman, kamu bisa menggunakan bunga artifisial atau bunga palsu untuk menghiasi meja makan.

Tata Peralatan Makan Seapik Mungkin

Tips terakhir agar meja makan nampak cantik pada saat Lebaran adalah dengan menata peralatan makan serapi dan seapik mungkin. Masing-masing alat makan memiliki fungsinya yang berbeda-beda. Jika kamu akan menggunakan konsep table manner pada hari Lebaran nanti, itu artinya kamu harus menata peralatan makan berurutan sesuai dengan fungsinya. Lain halnya bila kamu menggunakan konsep prasmanan, kamu hanya perlu menaruh peralatan makan seperti sendok dan garpu pada satu wadah, menyusun piring dan mangkuk dengan susunan bertingkat, dan meletakkannya di atas meja makan.

Nah, itu dia 6 tips menata meja makan agar terlihat lebih cantik pada saat hari Lebaran. Jadikan momen kumpul bersama di hari raya lebih bermakna yuk!