Tips Menata Rumah Untuk Sambut Tamu di Acara Bukber

bukber-dirumah

Selamat Menjalankan Ibadah puasa! Memasuki bulan puasa, kamu pasti akan tiba-tiba memiliki kegiatan tambahan. Yap, buka puasa bersama, atau banyak orang menyebutnya bukber. Rentetan jadwal bukber mulai dari bukber kantor, bukber keluarga besar, bukber teman kuliah, bukber teman SMA, dan bukber-bukber lainnya seolah sudah memadati tanggal di tiap weekend, ya!

Tak selalu harus di luar rumah, acara bukber juga bisa dilakukan di rumah. Nah, biasanya momen penentuan si tuan rumah bukber akan menjadi momen yang cukup ‘menegangkan’ nih. Berikut ini tips mudah menata rumah untuk menyambut tamu di acara bukber!

  • Hias Rumah dengan Berbagai Dekorasi Ramadhan

Tips menata rumah yang pertama adalah dengan memberikan sentuhan berbagai dekorasi khas  Ramadhan. Selain mudah, kamu bisa memilih atau bahkan membuat sendiri elemen dekorasi agar lebih murah. Hiasi pintu depan rumah dengan hiasan ketupat yang bisa kamu buat dari pita.

Selain itu, kamu bisa meletakkan beberapa lilin di sudut ruangan. Ganti sarung bantal dengan motif khas  Ramadhan atau sarung bantal berwarna hijau. Jangan lupa juga untuk meletakkan karpet di ruang tamu agar nuansa hangat khas bukber lebih terasa.

  • Putarkan Musik Khas Ramadhan

Agar nuansa  Ramadhan dan bukber lebih terasa dan akrab, kamu bisa memutarkan musik ataupun lagu-lagu religi. Tips ini juga bisa kamu lakukan sebagai penyambut tamu ketika mereka datang. Tamu yang datang pasti akan lebih merasa senang ketika disambut dengan musik-musik  Ramadhan

  • Beri Sentuhan Wewangian Pada Rumah

Agar tamu-tamu yang datang merasa lebih nyaman ketika berkunjung ke rumah, kamu bisa menambahkan wewangian pada ruangan. Semprotkan parfum beraroma lembut pada ruangan, pada bantal hias, dan juga pada karpet. Tak hanya bisa menggunakan parfum ruangan, kamu juga bisa mengaplikasikan beberapa bunga beraroma menyegarkan pada ruangan, seperti bunga melati atau bunga sedap malam.

Selain membuat rumah menjadi wangi alami, mengaplikasikan beberapa bunga pada ruangan juga bisa menjadi pilihan elemen dekoratif. Kamu juga bisa menggunakan lilin aroma terapi, ataupun essential oil untuk membuat rumah semakin wangi.

  • Tata Meja Makan Secara Prasmanan

Jumlah tamu yang akan datang pada acara bukber biasanya tidak sedikit, apalagi kalau acara bukber itu juga merupakan acara reuni, pasti akan sangat banyak jumlah tamu yang datang. Agar lebih mempermudah kamu sebagai tuan rumah, kamu bisa menata meja makan secara prasmanan. Tamu yang datang akan antre untuk mengambil makanannya sendiri.

Letakkan makanan dalam wadah yang memiliki penghangat secara berurutan, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan atau dessert. Tips selanjutnya, kamu bisa menggunakan alat makan sekali pakai agar kamu tak usah repot mencuci alat makan setelah acara bukber selesai.

  • Maksimalkan Fungsi Ruang Untuk Ibadah

Setelah acara bukber selesai agenda selanjutnya adalah ibadah Maghrib bersama. Ini saatnya kamu menyulap ruang tengah atau ruang keluargamu menjadi ruang ibadah. Gunakan karpet berukuran besar sebagai alas sholat. Karpet juga bisa berfungsi sebagai sajadah tambahan jika kamu tidak memiliki cukup sajadah untuk para tamu.

Kamu bisa menggeser furnitur lainnya agar ruang yang tersedia bisa lebih luas dan bisa kamu gunakan untuk sholat berjamaah.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.