Now Reading
Tips menghitung Keperluan Anak Pertama

Tips menghitung Keperluan Anak Pertama

Membahas berbagai keperluan anak pertama atau anak sulung dan perkiraan anggaran biaya membesarkannya :

Memiliki anak suatu hal yang membahagiakan, namun ada juga tanggung jawab untuk membesarkannya. Persiapan anak pertama meliputi kesiapan menyediakan dana untuk berbagai keperluannya. Jangan sampai anak jadi terlantar. Perlu perencanaan matang dan menabung sejak sedini mungkin. Ada yang bilang keperluan anak pertama, segini budgetnya. Sambil merentangkan kedua lengan tangannya. Biaya bagi anak pertama atau anak sulung memang cukup besar karena harus mengawali beli, berbeda dengan adik-adiknya yang bisa menggunakan barang-barang bekas kakaknya. Nah kira-kira perlu dana anggaran sebesar berapa ya untuk membiayai anak sulung atau anak pertama sejak masih dalam kandungan hingga besarnya nanti.

Berikut ini pembahasannya :

Biaya Ibu Hamil

Sejak mengandung sudah banyak biaya yang perlu dipersiapkan anggarannya, yakni antara lain biaya untuk membeli makanan sehat, makanan sehat bisa jadi tak semurah makanan instan dan junkfood yang asal kenyang, asal enak di lidah dan cenderung murah meriah, namun berbahaya bagi perkembangan janin. Sehingga mau tak mau perlu menyediakan anggaran lebih untuk makanan sehat. Soal biaya cek kehamilan ke dokter, sekitar 100 ribu per visit, hingga biaya persalinannya yang di kisaran mulai 7,5 juta Rupiah, biasanya sudah ditanggung BPJS atau asuransi. Jadi dana yang perlu disediakan selama hamil anak pertama ialah biaya makan sehat selama sekitar 10 bulan sejak mulai persiapan hamil, yakni minimal sekitar 50 ribu x 30 hari x 10 bulan, sekitar 15 juta Rupiah.

Biaya Bayi hingga Anak TK

Setelah lahir anak butuh susu dan hingga TK anak perlu makanan sehat juga pakaian yang nyaman, serta berbagai mainan penunjang tumbuh kembangnya. Selain biaya sekolah TK nya yang mulai dari 5 juta Rupiah hingga bisa puluhan bahkan ratusan juta tergantung jenis TK nya. Hitung juga dengan biaya transportasinya. Baju anak yang nyaman dan mudah menyerap keringat serta sepatunya yang nyaman di kaki tentunya agak lebih mahal, namun lebih menyehatkan dan menunjang tumbuh kembang anak pertama, dan kalau awet maka bisa digunakan bagi adik-adiknya nantinya. Jadi jangan korbankan kualitas baju dan sepatu anak demi harga yang lebih murah. Lalu juga dengan tempat tidur bayi dan tempat tidur anak setelah anak lebih besar, dan lain sebagainya, yang bisa juga dipakai oleh adik-adiknya nantinya. Siapkan juga anggaran untuk biaya sakit anak, jika harus ke dokter anak, jika tidak ditanggung BPJS dan asuransi, termasuk juga untuk vaksinasinya dan lain sebagainya.

Biaya Sekolah Anak

Biaya sekolah SD bervariasi minimal 6 kali 15 juta Rupiah untuk masa sekolah normal 6 tahun, termasuk transportasi di luar biaya les jika perlu.

See Also

Belum termasuk juga biaya makan sehat anak dan biaya baju dan sepatunya juga. Belum juga termasuk dengan biaya perlengkapan sekolahnya, yang bervariasi juga. Antara lain biaya buku sekolah, buku pelajaran sekolah ini ada yang bisa dipakai lagi oleh adiknya ada yang tidak jika terjadi perubahan kurikulum.

Biaya Sekolah SMP dan SMA serta Kuliah

Persiapkan juga anggaran untuk sekolah SMP dan SMA hingga uang kuliahnya. Akan lebih meringankan jika anak bisa mendapat beasiswa. Tinggal siapkan dana baju, makan dan peralatan serta transportasi. Bisa bekali anak dengan sepeda motor, minimal harganya 15 juta Rupiah ke atas, bisa sepeda motor baru atau second atau mobil. Hal ini bervariasi tergantung kondisi keuangan tiap orang tua yang bisa berbeda-beda.

Biaya-biaya anak tersebut juga belum termasuk biaya sosialisasi anak, yakni seperti biaya penyelenggaraan pesta ulang tahun anak sulung tiap tahunnya, juga hadiah ulang tahunnya dan lain sebagainya yang sangat bervariasi.

Scroll To Top