Now Reading
5 Tips Menikah di Tahun Depan, Ini yang Harus Kamu Siapkan

5 Tips Menikah di Tahun Depan, Ini yang Harus Kamu Siapkan

Apakah kamu dan pasangan sudah mantap untuk naik ke pelaminan tahun depan? Kalau iya, yuk simak 5 tips menikah di tahun depan berikut ini agar acara kalian nanti berjalan dengan lancar. Apalagi pernikahan tidak hanya melibatkan kalian berdua saja, tapi juga kedua pihak keluarga, kan? Ini dia tips menikah di tahun depan yang bisa kalian berdua persiapkan mulai dari sekarang :

Persiapan mental dan finansial.

Kalian berdua barangkali sudah menyadari sendiri bahwa persiapan mental sangat penting sebagai bagian dari persiapan menikah. Sebagai calon pengantin, kalian berdua perlu memahami apa esensi, peran, dan tanggung jawab baru setelah kalian berumah tangga nanti.

Tak hanya itu saja, persiapan finansial juga wajib diperhatikan. Soalnya, perlu diakui bahwa biaya menikah tidaklah sedikit. Karena itu, segera persiapkan dana pernikahan sedini mungkin dan pastikan kalian berdua transparan soal finansial, ya!

Persiapan dokumen dan berkas.

Pernikahan tak sebatas mengucapkan akad atau janji suci. Soalnya, ada proses administrasi yang juga harus diikuti, mulai dari pencatatan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) sampai Kantor Catatan Sipil.

Agar prosesnya berjalan mulus, sebaiknya kalian cari tahu dan siapkan seluruh dokumennya mulai dari sekarang. Jadi, proses administrasi bisa berjalan dengan mulus.

Persiapan lokasi acara.

Lokasi acara untuk pernikahan nanti juga perlu kalian siapkan jauh-jauh hari, apalagi jika venue yang kalian incar terbilang populer. Akan tetapi, pastikan juga bahwa lokasi acara punya akses yang mudah dan dilengkapi berbagai fasilitas. Kalau kalian sedang melakukan persiapan nikah di musim hujan, pastikan juga lokasinya bukan di kawasan rawan banjir.

Persiapan pakaian, makeup, dan katering.

Pastinya kalian berdua juga perlu mempersiapkan baju pengantin sekaligus makeup. Kalau kalian khawatir berat badan bertambah, kalian bisa mulai mengukur baju dan memesan kira-kira 6 bulan sebelumnya saja.

See Also

Untuk urusan katering, pastikan bahwa vendor pilihanmu memang katering yang terpercaya. Karena itu, sebaiknya pilih katering yang sudah punya reputasi baik dan banyak dipilih orang-orang supaya kamu tahu track record-nya seperti apa.

Persiapan cincin dan mas kawin. 

Persiapan lain yang juga perlu kalian berdua pertimbangkan dengan matang adalah soal cincin dan mas kawin. Biasanya, cincin kawin terbuat dari emas, meskipun sekarang kalian bisa juga pilih cincin yang lebih unik kalau memang kalian berdua menghendakinya. Sedangkan untuk mas kawin, kalian juga bisa tentukan sesuai budget dan kebutuhan. 

Persiapan menikah memang bisa terasa berat dan sulit. Meski begitu, dengan persiapan yang matang dan dengan dijalani bersama-sama, seluruh prosesnya tentu akan terasa lebih ringan. Semoga 5 tips menikah di tahun depan tadi bermanfaat buat kalian berdua, ya!

Scroll To Top