Now Reading
Tips Mewujudkan Biaya Pernikahan Sederhana di Tahun 2020

Tips Mewujudkan Biaya Pernikahan Sederhana di Tahun 2020

Detail Biaya Pernikahan Sederhana 

Berapa kira-kira biaya yang harus dikeluarkan untuk acara pernikahan? Pertanyaan seperti ini sering terlintas oleh calon pasutri yang berencana untuk menikah. Namun, tahukah Anda, ternyata kita bisa menyusun biaya pernikahan sederhana, lho. Ingin tahu caranya? Di sini, kami akan membagikan tipsnya secara detail untuk Anda. 

Nah, adapun cara mengaturnya, telah kami rangkum ke dalam beberapa poin berikut: 

Cara Mengatur Konsumsi

Konsumsi pada pesta pernikahan, kini sudah umum dipercayakan kepada layanan katering. Jadi, siapkanlah budget untuk konsumsi terlebih dahulu untuk jasa katering. Makanan adalah salah satu faktor sukses atau tidaknya pesta pernikahan. Jadi, perhatikanlah secara seksama dalam memilih katering yang tepat. 

Hitung berapa tamu yang akan diundang. Misalnya, jika Anda mengundang 200 tamu, maka siapkan budget untuk 400 tamu. Untuk biaya, minimum Anda harus mengantongi budget sebesar Rp30 hingga Rp35 jutaan. 

Hemat Pembuatan Souvenir dan Undangan Pernikahan

Menghemat bukan berarti mengurangi. Menghemat yang dimaksud, adalah memilih desain minimalis untuk undangan maupun souvenir pernikahan. Jika Anda ahli mendesain undangan, Anda bisa desain sendiri untuk menghematnya. Jadi, Anda hanya perlu biaya cetaknya saja. 

Minimalisir budget undangan dan souvenir dengan cara memilih jenis yang sederhana. Meski begitu, tetap perhatikan nilai estetikanya juga, ya. 

Tips Menghemat Biaya Dokumentasi Pernikahan

Mulai dari persiapan sebelum pernikahan, hingga proses pernikahan, kini telah hadir layanan untuk dokumentasi acara pernikahan. Namun, budget untuk dokumentasi tidak selalu harus mahal. 

Anda bisa memilih jenis layanan dengan harga terjangkau. Bisa juga menggunakan layanan kerabat dekat untuk mendapatkan potongan harga yang lumayan.

Cara Menghemat Busana Pernikahan

Pilih jasa tukang jahit atau menyewa busana pernikahan? Silahkan bicarakan terlebih dahulu dengan calon pasangan. Jika ingin murah, sebaiknya pilih menyewa saja. Karena, menjahit busana pernikahan akan membutuhkan biaya yang cukup besar. 

Namun, jika ingin mendesainnya, pilih busana minimalis jika memiliki budget minim. Gunakan jenis kain dan juga manik-manik yang sederhana saja. 

Biaya Hiburan Pernikahan

Pesta pernikahan kurang lengkap jika tidak ada hiburan. Ada banyak pilihan jenis hiburan. Anda bisa memilih banyak jasa wedding music sesuai keinginan. Buat list wedding music lengkap dengan harganya. Silahkan bandingkan harga untuk mendapatkan kecocokan harga dengan budget

See Also

Tipe Menghemat Biaya Makeup

Sebelum mencari MUA yang jauh, carilah yang dekat terlebih dahulu. Untuk makeup, estimasinya sekitar Rp.5.000.000-an. Harga tersebut biasanya sudah termasuk 2 pasang baju untuk kedua mempelai. 

Biaya makeup juga biasanya sudah termasuk untuk rias orangtua dan keluarga. Sesuaikan juga baju pengantin dan anggota keluarga yang bertugas sebagai penerima tamu undangan. Seragam biasanya sudah disediakan di MUA yang Anda pilih. 

Biaya Tempat dan Dekorasi

Tempat dan dekorasi juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Kedua hal ini, juga bisa berdampak terhadap membengkaknya pengeluaran biaya pernikahan. Silahkan tentukan tempatnya terlebih dahulu. 

Alokasi budget untuk venue dan dekorasi, sekitar Rp15.000.000-an. Anda bisa menghematnya dengan memilih jenis dekorasi sederhana. Dekorasikan tempat pernikahan Anda seminimalis mungkin untuk menghematnya. 

Selalu Siapkan Dana Tidak Terduga

Jangan lupa untuk selalu menyediakan biaya tak terduga. Simpanlah untuk biaya-biaya yang timbul di luar biaya yang sudah direncanakan. Meski sudah dibuat sedetail mungkin, tetap akan selalu ada saja biaya yang tidak terduga di dalam acara pernikahan.Demikian ulasan tips mempersiapkan biaya pernikahan sederhana. Cara di atas, cocok untuk Anda yang sedang merencanakan pernikahan di tahun ini. Semoga bermanfaat! 

Scroll To Top