Now Reading
6 Tips Mudah Jalankan Bisnis Catering Bagi Pemula

6 Tips Mudah Jalankan Bisnis Catering Bagi Pemula

Saat ini banyak ide bisnis catering yang bisa Anda jalankan. Catering sendiri tak hanya memiliki bentuk, namun ada beberapa bentuk catering yang bisa dijalankan. Di sisi lain ketika Anda masih sebagai pemula dalam bisnis tersebut juga membutuhkan tips usaha catering pemula.

Tak perlu bingung jika Anda belum tahu apa saja tips usaha catering pemula yang bisa dilakukan. Sebab dalam artikel ini sudah tersedia tips mudah menjalankan bisnis katering bagi pemula.

Tentukan jenis catering yang akan dijalankan

Sebelum memutuskan untuk melakukan usaha catering, akan lebih baik jika Anda memutuskan terlebih dahulu jenis catering apa yang akan digunakan. Pasalnya saat ini sudah banyak jenis catering yang bisa Anda gunakan.

Misalnya adalah catering pesta, catering perkantoran atau perusahaan hingga catering rumahan maupun catering sekolahan. Dimana Anda akan semakin bisa fokus ketika sudah menentukan jenis catering yang akan digunakan.

Namun tak ada salahnya jika Anda juga ingin melebarkan sayap dengan membuka jenis layanan catering yang berbeda. Akan tetapi hal tersebut bisa Anda lakukan jika catering pilihan yang pertama sudah sukses dan mendapatkan pasar.

Dengan begitu proses pengembangan bisnis juga akan semakin mudah.

Tentukan nama brand

Setiap usaha selalu membutuhkan sebuah nama brand. Dimana nama brand ini bisa menjadi identitas dari usaha yang Anda jalankan. Nama brand juga bisa memberikan gambaran umum untuk menjelaskan apa sih usaha yang Anda jalankan.

Di sisi lain keberadaan dari nama brand juga akan semakin mempermudah orang untuk bisa dengan mudah mengenai jika nama tersebut adalah benar-benar produk Anda. Dengan begitu ketika mereka melihat nama brand Anda, mereka secara otomatis akan langsung bisa mengenalinya tanpa perlu dijelaskan kembali.

Mencari supplier

Karena Anda akan menjalankan bisnis catering. Maka Anda juga membutuhkan bahan baku yang akan digunakan untuk memasak menu makanan. Dimana setiap toko bahan baku akan memberikan harga yang berbeda-beda.

Perbedaan harga inilah yang nantinya akan mempengaruhi besar kecil pengeluaran yang akan didapatkan. Dari sini tugas Anda adalah mencari supplier yang bisa memberikan harga bahan baku terjangkau namun dengan kualitas terbaiknya.

See Also

Tentukan modal

Modal adalah salah satu faktor penting dalam membuat usaha. Dimana keberadaan modal disini bisa diartikan sebagai roda penggerak usaha. Oleh karena itu tentukan modal Anda sesuai dengan usaha yang sedang dijalankan.

Lakukan promosi

Setelah semua sudah beres, Anda juga harus melakukan promosi. Tak hanya dari mulut ke mulut saja. Saat ini Anda bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dalam melakukan proses promosi.

Perhatikan citra rasa makanan dan berikan pelayanan terbaik

Karena Anda melakukan bisnis catering, maka memperhatikan citra rasa makanan yang dibuat memang begitu penting sekali. Ketika citra rasa sudah pas, maka Anda bisa memberikan pelayanan terbaik.

Citra rasa yang enak ditambah pelayanan yang begitu berkualitas akan menjadikan bisnis Anda semakin banyak diminati oleh banyak orang.

Nah itulah tips usaha catering pemula yang bisa Anda lakukan. Meski begitu Anda juga perlu melakukan proses pembukuan untuk bisa mengetahui untung rugi serta mempermudah proses pengembangan bisnis.

Scroll To Top