Now Reading
Sering Disepelekan! Begini Tips Nabung Rencana Menikah

Sering Disepelekan! Begini Tips Nabung Rencana Menikah

Pernikahan menjadi salah satu hal sakral dalam kehidupan manusia. Pernikahan adalah waktu dimana dua insan bersatu terikat janji suci untuk berkomitmen sehidup semati. Namun, perjalanan untuk mewujudkan pernikahan impian tidak semudah membalik tangan. Kamu perlu perencanaan yang matang, salah satunya adalah tabungan rencana menikah. 

Mempersiapkan Tabungan Rencana Menikah

Bagi pasangan yang berencana menikah, kalian berdua harus memiliki perencanaan keuangan yang tepat dan cermat demi mewujudkan pernikahan idaman dan kehidupan rumah tangga yang harmonis. Di bawah ini beberapa tips yang bisa dipraktekkan agar finansial kamu menjelang pernikahan tetap stabil.

Membuat daftar kebutuhan nikah

Ada baiknya kamu membuat daftar kebutuhan nikah. Dengan membuat daftar kebutuhan, kamu tidak akan kelabakan mengenai apa saja yang harus diperlukan ketika tanggal pernikahan telah datang. Setelah melakukan pencatatan, lakukan survey harga mengenai kebutuhan pernikahan.

Dengan melakukan survey, kamu akan tahu harga pasaran untuk kebutuhan pernikahan, misalnya pakaian dan gedung, katering, atau souvenir untuk tamu undangan. Survey yang dilakukan maksimal akan membuat anggaran yang terpakai menjadi efektif dan tidak terbuang sia-sia.

Memisahkan kebutuhan pra nikah dan pasca nikah

Menikah di usia menikah yang ideal menjadi idaman bagi semua insan yang dilanda cinta. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk memisahkan tabungan rencana menikah dan tabungan rumah tangga.

Tabungan yang tercampur akan merusak rencana keuanganmu sehingga perencanaan yang tersusun bisa menjadi kacau. Untuk membantu memisahkan keuangan, kamu bisa menggunakan fitur-fitur aplikasi keuangan yang tersedia di Play Store atau App Store. 

Terbuka dalam memanajemen keuangan bersama pasangan

Komunikasi adalah salah satu kunci dalam keharmonisan bahtera rumah tangga. Agar terhindar dari konflik, ada baiknya kamu terbuka mengenai masalah keuangan dengan pasangan.

Dengan bekerja sama mengenai tabungan pernikahan, kalian bisa memantau kemajuan finansial setiap saat. Kalian bisa mengingatkan satu sama lain agar lebih fokus kepada tujuan sebenarnya, pernikahan!

See Also

Mengurangi kencan mewah dan berlebihan

Menjelang pernikahan, lebih baik kamu dan pasangan mengurangi liburan atau kencan mewah saat malam minggu atau musim liburan. Kamu bisa mengganti aktifitas kencan yang mahal dengan kencan yang lebih bersahabat dengan tabungan. 

Kegiatan seperti menonton film bersama di rumah, makan malam, atau bercerita bersama dinilai bernilai lebih dalam membangun chemistry pasangan. 

Biaya pernikahan memang tidak murah. Oleh karena itu perlu komitmen dari pasangan untuk membuat tabungan rencana menikah. Semakin disiplin menabung, semakin cepat tercapai target biaya yang diinginkan, dan pernikahan akan semakin cepat terwujud. 

Tips-tips di atas akan bermanfaat apabila kamu bisa menerapkannya dengan konsisten, sehingga tabungan yang didapatkan hasilnya lebih maksimal.

Scroll To Top