Now Reading
Umur Ideal Perempuan Untuk Menikah Di Indonesia

Umur Ideal Perempuan Untuk Menikah Di Indonesia

Jenjang pernikahan adalah masa yang ditunggu – tunggu oleh setiap pasangan. Pasalnya setiap hubungan yang serius mengharapkan akhir yang bahagia yaitu pernikahan. Masa pernikahan dinilai adalah fase akhir yang menjadi tujuan sehingga banyak orang mempersiapkan fase ini dengan tabungan pernikahan. Selain itu banyak pula kekhawatiran yang muncul dari pihak wanita mengenai gap umur ideal perempuan untuk menikah.

Umur ideal perempuan untuk menikah

Usia ideal perempuan untuk menikah pada dasarnya bersifat relatif sebab tergantung pada kesiapan, kematangan, target dan tujuan menikah itu sendiri. Sehingga usia ideal untuk menikah bagi perempuan berbeda – beda. Namun tidak sedikit pula para wanita yang mengkhawatirkan ketika usia sudah matang namun belum menikah. Sebab banyak akibat yang dilahirkan ketika wanita belum menikah di usia matang.

Di Indonesia sendiri tidak ditemukan batasan usia yang menjadi patokan perempuan untuk menikah. Hal ini disebabkan terdapat beberapa ketidakkonsistenan batasan usia bagi perempuan untuk menikah pada peraturan atau undang – undang yang berlaku di Indonesia terlebih pada penelitian – penelitian yang dilakukan para ahli. Tidak adanya batasan usia yang pasti bagi perempuan untuk menikah tentu saja menjadi sebuah perdebatan yang tidak pernah selesai.

Berdasarkan Undang – Undang Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan dijelaskan bahwa usia perempuan dewasa untuk menikah adalah 19 tahun, ketentuan ini senada dengan Undang – Undang Nomor 16 tahun 2019 yang menyebutkan bahwa aturan usia ideal perempuan untuk menikah adalah 19 tahun. Sedangkan dalam aturan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak merujuk pada Undang – Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dengan batas usia 18 tahun.

See Also

Banyaknya aturan yang saling bertentangan mengenai standar usia menikah terhadap perempuan menimbulkan kebingungan di tengah – tengah masyarakat. Terlebih menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Social and Personal Relationship batas usia paling maksimal perempuan untuk menikah adalah 25 tahun.

Latar belakang perbedaan usia ideal perempuan untuk menikah

Banyaknya perbedaan pendapat yang lahir menandakan adanya perbedaan pemikiran yang mendasari usia perempuan dewasa. Padahal apabila ditelusuri lebih jauh, besarnya jumlah usia tidak menjadi patokan yang paling akurat seorang perempuan dikatakan dewasa. Sebab banyak pula ditemukan perempuan dengan usia dini memiliki pemikiran yang dewasa untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan. Sebaliknya, beberapa perempuan dengan usia matang tidak menjamin pemikiran dewasa.Dengan demikian dapat disimpulkan tidak ada batasan usia ideal perempuan untuk menikah. Karena yang dibutuhkan sebelum menikah adalah kesiapan dan pemikiran yang matang. Sehingga sebelum melangsungkan pernikahan perlu dilakukan komunikasi lebih mendalam tentang penyatuan visi misi, perencanaan masa depan serta frekuensi pemikiran untuk melihat kecocokan antar satu sama lain.

Scroll To Top