Now Reading
Mau Pilih Undangan Digital Atau Undangan Fisik?

Mau Pilih Undangan Digital Atau Undangan Fisik?

Undangan digital atau undangan fisik? Undangan pernikahan merupakan salah satu bagian dari persiapan pernikahan yang harus Anda rencanakan sejak jauh-jauh hari. Berbicara mengenai undangan, kini undangan pernikahan sudah terbagi menjadi dua jenis, yaitu undangan digital (online) dan undangan fisik (offline).  Undangan fisik memang tidak asing karena sudah umum digunakan, namun berbeda dengan undangan digital yang beberapa tahun terakhir sedang tren.

Meski kedua jenis undangan bisa Anda jadikan alternatif, namun Anda harus bisa memilih salah satu yang paling tepat dan sesuai kebutuhan. Perlu diketahui, undangan fisik sering kali dijadikan alternatif jika ingin terlihat lebih sopan dan meyakinkan, terlebih jika Anda ingin mengundang orang-orang penting, seperti keluarga besar, pimpinan perusahaan Anda maupun lainnya. Sementara undangan digital lebih disukai karena jauh lebih praktis dan harganya pun relatif murah.

Oleh sebab itu, Anda patut mempertimbangkan pilihan undangan pernikahan yang dibutuhkan, terlebih ada berbagai macam undangan pernikahan digital maupun fisik yang bisa Anda pilih. Lebih jelasnya, berikut ulasan singkat terkait berbagai macam undangan pernikahan digital maupun undangan fisik.

Undangan Digital (Online)

Undangan digital atau juga disebut undangan online dikarenakan bentuknya yang berupa gambar atau audio visual semata yang di bagikan secara online, baik melalui Facebook, WhatsApp maupun media sosial lainnya. Undangan digital memang sedang menjadi trend di kalangan para milenial, terlebih di era pandemi COVID-19. 

Selain itu, trend anak muda yang selalu eksis di media sosial juga menjadi penyebab tingginya peminat undangan dalam bentuk digital. Berbicara mengenai undangan digital, sebenarnya ada tiga macam undangan digital yang bisa Anda pilih, diantaranya:

Undangan dalam bentuk teks dan gambar

Undangan digital dalam bentuk teks dan gambar biasanya dibagikan dalam format file PNG, JPG atau bahkan PD. Undangan ini dibagikan secara online melalui aplikasi chat ataupun media sosial. Untuk undangan pernikahan dalam bentuk teks dan gambar biasanya dibuat dalam resolusi tinggi agar hasil gambar yang dikirimkan tidak pecah saat dibuka via smartphone. 

Undangan dalam bentuk video wedding

Perlu diketahui, undangan dalam bentuk teks dan gambar memang cukup ngetrend, namun seiring kemajuan teknologi. Model undangan digital ini pun mulai ditinggalkan dan beralih ke undangan pernikahan dalam bentuk video. 

Video undangan pernikahan dirasa lebih mewakili dibandingkan undangan dalam bentuk teks dan gambar saja. Hal ini dikarenakan undangan video biasanya dibuat cukup kreatif, mulai dari animasi hingga video motion yang dipadukan dengan audio. Sehingga menambahkan kesan resmi pada sebuah undangan pernikahan.

See Also

Undangan dalam bentuk website (invitation web)

Undangan berbentuk invitation web termasuk undangan pernikahan paling keren. Hal ini dikarenakan undangan ini hampir seperti undangan pernikahan fisik  yang terlihat cukup elegan dibandingkan dengan jenis undangan digital lainnya. Selain itu, dengan adanya fitur-fitur keren di dalam undangan ini, juga membuat undangan dalam bentuk website nyaris terlihat sempurna dan lebih meyakinkan saat di bagikan untuk teman maupun kerabat lainnya.

Undangan Fisik (Offline)

Undangan fisik memang cukup menarik dan masih diminati karena bentuknya yang terlihat nyata. Undangan fisik biasanya hanya sebatas gambar dan teks yang dicetak di atas kertas dengan desain yang disesuaikan dengan tema pernikahan. Berbicara mengenai undangan fisik, sebenarnya ada beberapa model undangan fisik yang bisa Anda pilih, seperti:

Undangan soft cover

Undangan soft cover terdiri atas beberapa model dan bentuk, mulai dari bentuk lipat dua, tiga hingga bentuk lainnya yang jauh lebih menarik. Model undangan fisik yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan beragam model desain menarik.

Undangan Hard Cover

Undangan model hard cover juga memiliki beberapa model di dalamnya, seperti single board, double board serta triple board. Beberapa model tersebut cukup diminati karena terkesan lebih eksklusif dibandingkan dengan undangan soft cover. Meskipun begitu, undangan fisik model hard cover ini terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan undangan soft cover. Namun untuk hasil yang Anda peroleh tentu jauh lebih memuaskan.Itulah beberapa jenis undangan digital maupun fisik yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Dari ulasan di atas, semoga bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan undangan digital atau undangan fisik?. Pemilihan undangan digital atau fisik sebenarnya cukuplah mudah, asalkan Anda mengetahui budget dan kebutuhan undangan pernikahan yang diinginkan.

Scroll To Top