Wow! Ternyata Macam-Macam Seserahan Ini Punya Arti Lho!

Wow! Ternyata Macam-Macam Seserahan Ini Punya Arti Lho!

Macam-Macam Seserahan Beserta Artinya

Tak banyak yang tahu bahwa macam-macam seserahan memiliki arti yang berbeda. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa seserahan merupakan hal yang wajib dibawa sebelum atau saat pernikahan berlangsung.

Seserahan merupakan hantaran yang menjadi simbol ikatan antara mempelai pria dengan mempelai wanita. Namun, di sisi lain, setiap jenis hantaran nyatanya memiliki arti tersendiri.

Perhiasan

Seserahan perhiasan harus terbuat dai emas putih, emas biasa, ataupun berlian. Pemberian perhiasan dimaksudkan agar calon mempelai wanita selalu bersinar dan bercahaya di kehidupan selanjutnya.  

Bahan Pakaian

Jika Anda hendak memberikan satu set bahan pakaian, maka artinya Anda meminta pasangan untuk berusaha merahasiakan apa pun yang terjadi dalam kehidupan pernikahan.

Makeup Set

Hantaran berupa makeup set merupakan yang paling disukai wanita. Skincare ataupun makeup yang diberikan oleh pihak pria memiliki maksud agar mempelai wanita selalu memperhatikan penampilannya dan selalu tampil cantik di hadapan suaminya.

Tas

Barang lain yang sering dijadikan sebagai hantaran pernikahan adalah tas. Bagi wanita, selain makeup, tas memiliki peranan yang penting sebagai penunjang penampilan.  Namun, tahukah Anda bahwa pemberian tas memiliki arti yang cukup mendalam?

Tas melambangkan bahwa calon suami mampu menafkahi dan memerikan segala keperluan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh pasangan, termasuk tas baru jika diinginkan.

Sepatu

Selain tas, barang yang juga biasa ditemukan dalam kotak hantaran adalah sepatu atau sandal selop. Jika ditilik dari fungsi, baik sepatu maupun sandal selop memudahkan calon mempelai wanita untuk berjalan dengan aman.

Sementara dari arti dan maknanya, sepatu atau sandal memiliki arti bahwa kedua calon mempelai wajib sejalan dan berjalanan beriringan selama menjalani biduk rumah tangga.

Meskipun ditimpa masalah, kebersamaan sangat penting. Dengan cara ini, Anda tidak akan terlalu merasakan kehilangan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti perpisahan atau perceraian.

Seperangkat Alat Salat

Pemberian alat salat merupakan hal yang wajar dilakukan oleh calon mempelai pria terhadap calon mempelai wanita. Pemberian alat salat sendiri memiliki arti bahwa calon suami siap untuk menjadi imam yang baik.

Sementara bagi istri, seperangkat alat alat merupakan pengingat untuk lebih dekat dengan Tuhan dan menjadi pasangan yang taat serta selalu berpegangan teguh pada ajaran agama.

Alas Kaki

Selain sandal selop dan sepatu, terdapat jenis alas kaki lain yang juga memiliki arti agar dalam menjalani pernikahan, baik calon mempelai pria dan wanita haruslah selalu bergandeng tangan dan melangkah bersama di jalan yang benar. Ketika terjadi masalah, pasangan wajib mengingatkan satu sama lain.

Makanan Tradisional

Seserahan berupa makanan tradisional diyakini sebagai simbol harapan agar kedua calon mempelai selalu lengket layaknya prangko hingga akhir hayat. Makanan tradisional ini pun memiliki harapan agar kedua keluarga calon mempelai selalu akur dan memiliki hubungan yang baik.

Daun Sirih atau Suruh Ayu

Seserahan daun sirih atau suruh ayu memiliki makna mendalam, yakni doa untuk keselamatan dan kebahagiaan bagi kedua calon mempelai selama menjalani biduk rumah tangga.

Buah-buahan

Kotak seserahan berisikan aneka jenis buah-buahan melambangkan bahwa calon mempelai pria ingin calon mempelai wanita selalu sehat dan memperhatikan asupannya.

Cincin Pernikahan

Cincin pernikahan merupakan simbol bahwa Anda telah terikat dengan pasangan. Cincin pernikahan pun merupakan wujud doa agar pasangan dapat hidup bersama dan berbahagia selamanya. Demikianlah informasi mengenai macam-macam seserahan lengkap dengan artinya yang wajib untuk Anda ketahui. Artikel ini sangat bermanfaat, bukan? Yuk, klik tombol bagikan!