Yang Perlu Dilakukan Sebelum Akad Bagi Mempelai Pria

Yang Perlu Dilakukan Sebelum Akad Bagi Mempelai Pria

Tahukah Anda Apa Saja yang Perlu Dilakukan Sebelum Akad Nikah Oleh Mempelai Pria?

Momen besar seperti pernikahan, tentu saja membutuhkan banyak persiapan yang harus dilakukan oleh calon pasangan pengantin. Tidak hanya mempelai wanita, mempelai pria juga mempunyai hal-hal yang perlu dilakukan sebelum akad nikah. Bahkan bisa lebih banyak dan cukup berat dibandingkan dengan mempelai wanita. Oleh sebab itu, berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui menjelang hari pernikahan.

Mempersiapkan Segala Kebutuhan

Setelah menikah, sebagai seorang pria pastinya memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Oleh karena itu, calon mempelai pria harus memiliki mental yang kuat dan meyakini bahwa Anda sudah memilih pasangan yang tepat untuk berbagi suka dan duka. Untuk mempersiapkan mental tersebut, Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut yang dibutuhkan pada pernikahan Anda:

  1. Cobalah untuk berlatih dalam menjalani prosesi pernikahan, karena Anda harus mengetahui apa saja hal-hal yang harus dilakukan pada hari pernikahan.
  2. Persiapkan juga anggaran pernikahan Anda. Hal ini dimaksudkan agar meringankan masalah biaya, jadi Anda tidak lepas tangan begitu saja dan membuatnya lebih ringan.
  3. Memilih mas kawin atau mahar yang tepat sesuai kedua pasangan, perlu dipersiapkan oleh mempelai pria.
  4. Anda juga bisa mempersiapkan tempat tinggal setelah menikah, jika kondisi finansial Anda mendukung. Usahakan dalam mempersiapkan tempat tinggal, sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari pernikahan agar tidak repot.

Mempersiapkan Penampilan

Tidak hanya kebutuhan pernikahan saja yang perlu Anda persiapkan. Penampilan pun juga harus dipersiapkan bagi para calon mempelai pria. Jadi tidak hanya mempelai wanita saja yang harus mempersiapkan diri dengan merawat diri, mempelai pria pun juga butuh itu. Berikut beberapa 

  1. Merapikan rambut menjadi senjata Andalan Anda, karena rambut merupakan bagian yang sangat diperhatikan ketika hari pernikahan. Usahakan juga untuk merawat rambut Anda, agar hasilnya maksimal.
  2. Kumis dan jenggot juga perlu Anda rapikan atau dibersihkan. Jika tidak ingin dihilangkan, sebaiknya Anda menatanya dengan rapi. Jadi, walaupun kumis atau jenggot tetap ada, Anda akan tampil lebih tampan, unik, dan menarik.
  3. Rambut hidung juga perlu Anda rapikan, agar tamu undangan atau pasangan Anda juga tidak ilfeel. Jadi, luangkan waktu Anda untuk mengeceknya dan tetap berhati-hati agar hidung Anda tidak terluka.
  4. Lakukan juga perawatan pada ketiak Anda, karena ketiak pada tubuh pria paling berisiko kotor dan bau. Anda bisa mencukur bulu ketiak dan menggunakan deodorant yang tepat untuk perawatannya. Gunakan juga parfum agar tubuh Anda tetap harum. 
  5. Perawatan wajah juga perlu dilakukan bagi Anda mempelai pria agar tetap tampil tampan, dan fresh. Bisa Anda lakukan di rumah, atau di tempat perawatan wajah jika mau.
  6. Perawatan kesehatan juga tidak kalah penting, dan biasanya bisa Anda lakukan di pusat kesehatan terdekat untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan premarital (sebelum pernikahan). Seperti analisa hemoglobin untuk mengetahui apakah ada kelainan pada darah, pemeriksaan golongan darah, gula darah, urine, dan lainnya untuk mendeteksi penyakit.
  7. Perawatan gigi juga perlu Anda lakukan sebelum hari pernikahan. Agar ketika Anda tersenyum sepanjang hari, gigi Anda tetap putih dan nafas juga segar.

Jadi, terdapat dua hal penting yang perlu dilakukan sebelum akad nikah bagi calon mempelai pria. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika Anda mempersiapkan kedua hal tersebut secara baik, pernikahan yang lancar dan menjadi momen tak terlupakan pun bisa Anda wujudkan. Hal yang terpenting dan paling utama adalah Anda tetap harus melakukannya dengan tenang dan hati yang bahagia.