Yuk Bedakan Antara Seserahan, Hantaran, dan Mahar

seserahan-mahar-hantaran

Apa Perbedaan Antara Macam-Macam Seserahan, Hantaran, dan Mahar? 

Hal yang wajib ada sebagai syarat sebuah prosesi pernikahan yaitu seserahan, hantaran, mahar. Namun, bagi Anda yang masih awam, pasti akan sulit untuk membedakan antara macam-macam seserahan, hantaran, hingga mahar pernikahan.

Namun, nyatanya ketiganya memiliki makna yang berbeda-beda dalam sebuah pernikahan. Lalu, apa saja yang membedakan ketiganya? Berikut ulasannya:

Makna Seserahan Dalam Pernikahan

Seserahan diberikan kepada pihak calon mempelai wanita dari calon mempelai pria sebagai simbol bahwa lelaki memiliki tanggung jawab untuk memenuhi segala kebutuhan keluarganya dan tanda keseriusan seorang pria terhadap calon pengantinnya

Selain itu, ada juga yang menjadikan seserahan sebagai tali pengikat hubungan antara kedua pihak keluarga. Biasanya seserahan yang dibawa ketika proses lamaran ini disebut juga seserahan lamaran.

Macam-Macam Barang Seserahan

Salah satu ciri khas barang seserahan, terutama seserahan untuk pernikahan biasanya barang seserahan bersifat lebih khusus untuk kebutuhan calon mempelai wanita seperti peralatan kosmetik, peralatan mandi, pakaian dalam, dan lainnya.

Makna Hantaran Dalam Pernikahan

Sementara hantaran dalam pernikahan mempunyai makna sebagai alat atau buah tangan untuk mempererat hubungan antara keluarga mempelai wanita dan keluarga mempelai pria. Meskipun hampir mirip dengan seserahan namun hantaran biasanya diberikan saling bergantian oleh kedua belah pihak keluarga. Kedua keluarga saling biasanya saling menerima dan memberi hantaran tersebut.

Macam-Macam Hantaran Pernikahan

Berbeda dengan seserahan yang biasanya ditujukan secara spesifik bagi calon mempelai wanita, biasanya macam barang yang dijadikan sebagai hantaran biasanya bersifat lebih umum seperti kue, buah-buahan, makanan tradisional, beras, gula, dan lainnya.

Makna Mahar Pernikahan

Sedangkan mahar pernikahan merupakan salah satu syarat sah sebuah pernikahan dalam agama islam. Selain itu, mahar pernikahan juga memiliki makna yang begitu dalam yaitu untuk menghormati serta memuliakan seorang wanita.

Mahar yang terbaik bagi seorang wanita adalah yang paling ringan bagi calon suaminya. Namun sebaliknya mahar yang terbaik bagi seorang lelaki adalah yang terbaik sesuai kemampuannya. Oleh sebab itu, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu terkait mahar kepada kedua mempelai agar keduanya sama-sama sepakat dan rela terhadap mahar tersebut.

Selain itu, mahar pernikahan di masyarakat Indonesia biasanya lebih terkenal dengan sebutan mas kawin.

Berbeda dengan seserahan dan hantaran yang biasanya diserahkan saat lamaran dan pernikahan, mahar pernikahan biasanya diserahkan pada saat proses akad nikah.

Macam-Macam Mahar Pernikahan

Sebenarnya tidak ada aturan khusus sebagai mahar pernikahan asalkan kedua calon pengantin sama-sama rela dengan mahar tersebut.

Akan tetapi yang banyak dijumpai di masyarakat umum biasanya berupa uang, perhiasan, dan seperangkat alat sholat. Selain barang-barang tersebut boleh menggunakan barang atau lainnya untuk dijadikan mahar bahkan hafalan al-quran.

Perbedaan Makna Seserahan, Hantaran, dan Mahar

Setelah menelaah beberapa penjelasan di atas, Anda dapat mengetahui secara lebih rinci perbedaan antara seserahan, hantaran, dan mahar yang memiliki makna dan tujuan yang berbeda-beda.

Seserahan sebagai simbol tangung jawab calon pengantin pria terhadap calon pengantin wanita. Sedangkan hantaran sebagai buah tangan untuk menyambung dan mempererat silaturahmi antar kedua pihak keluarga mempelai. Sementara mahar pernikahan adalah syarat sah pernikahan dalam islam.

Nah, itulah beberapa perbedaan makna dan macam-macam seserahan, hantaran, dan mahar pernikahan yang perlu Anda ketahui terutama bagi Anda yang sedang mempersiapkan pernikahan Anda. Sehingga Anda bisa membedakan yang mana barang yang termasuk seserahan, hantaran dan mahar pernikahan.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.