6 Persiapan Lamaran yang Harus Diperhatikan Oleh Wanita

6-persiapan-lamaran-wanita

Persiapan Lamaran yang Wajib Diperhatikan oleh Pasangan Wanita

Lamaran adalah prosesi menuju jenjang pernikahan. Tidak hanya harus dipersiapkan secara matang oleh mempelai pria, calon mempelai wanita pun wajib memerhatikan berbagai persiapan. Pada prosesi ini, pihak keluarga pria akan secara resmi meminang calon mempelai wanita. Kemudian, menentukan tanggal pernikahan yang tepat. 

Sebagai tuan rumah, ada banyak persiapan yang tentu harus diperhatikan oleh keluarga mempelai wanita. Setidaknya ada 6 poin yang wajib Anda persiapkan sebagai berikut:

  • Mengetahui Susunan-Susunan Acara Tunangan

Pada prosesi ini, akan ada beberapa susunan acara yang harus dijalani satu per satu. Agar keluarga Anda menjalaninya secara tertib, maka Anda perlu mengetahui susunannya secara detail. 

Susunan pada proses tersebut, umumnya berbeda-beda. Biasanya akan disesuaikan dengan budaya masing-masing keluarga. Tapi, secara umum dirangkum ke dalam beberapa susunan sebagai berikut: 

  • Kedatangan keluarga dari mempelai pria
  • Pembukaan prosesi lamaran
  • Pengutaraan tujuan calon mempelai pria
  • Penyampaian jawaban dari keluarga wanita
  • Pemberian hantaran kepada mempelai wanita
  • Pemberian perhiasan
  • Saling memperkenalkan kedua keluarga calon pasangan
  • Penutup acara
  • Menyantap hidangan
  • Pemberian seserahan kepada mempelai pria
  • Persiapan Seserahan Calon Mempelai Wanita

Persiapan seserahan dari calon mempelai wanita  memang jarang dilakukan. Namun, jika Anda mengikuti budaya yang berlaku saat ini, maka persiapan ini penting untuk diperhatikan. Adapun isinya, memiliki konsep yang serupa dengan hantaran yang diberikan pada calon mempelai wanita. Mulai dari busana lengkap, sepatu, dan beberapa kebutuhan pria lainnya. 

  • Mempersiapkan Cincin Tunangan

Persiapan cincin tunangan bagi calon mempelai wanita adalah memberikan saran jenis cincin yang sesuai dengan yang diinginkan. Ukuran maupun jenisnya, biasanya hasil dari kesepakatan berdua. Pilihlah cincin yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan masing-masing. 

  • Mempersiapkan Busana Seragam

Keseragaman berbusana pada prosesi tunangan saat ini sudah lazim dilakukan. Jika Anda ingin mengikuti trend tersebut, pilihlah jenis seragam yang pas dan serasi. Busana seragam tidak hanya dilakukan oleh keluarga mempelai pria saja, pihak keluarga mempelai wanita juga bisa melakukan hal serupa. 

Jika hal ini tidak memungkinkan, Anda bisa meminta keluarga yang hadir menyambut tamu mengenakan busana dengan warna yang serasi. 

  • Persiapan Tempat dan Hidangan

Keluarga wanita adalah pihak yang harus secara matang dalam mengurus prosesi tunangan tersebut. Pasalnya, setelah penutupan acara, akan dilangsungkan jamuan makan-makan. Untuk tempat, Anda bisa menggunakan rumah. Jika budget memadai, bisa dilakukan di tempat lain seperti restoran, gedung dan lainnya.

Perhitungkan juga berapa jumlah tamu yang akan hadir. Sesuaikanlah jumlah tamu dengan paket hidangan yang disiapkan. Sebaiknya, Anda persiapkan paket hidangan melebihi kapasitas tamu agar tidak kekurangan. 

  • Persiapan Cemilan

Selain makanan berat, persiapkan juga berbagai macam jenis cemilan. Karena, prosesi tunangan biasanya memiliki banyak rangkaian acara. Sebaiknya, pihak keluarga calon mempelai wanita menyiapkan cemilan untuk para tamu. Cemilan ini bermanfaat sebagai pengganjal perut para tamu yang hadir. 

Jenis cemilan bisa Anda sesuaikan dengan selera. Biasanya, cemilan ini berupa kombinasi dari kue-kue basah dan kue kering yang mudah dikonsumsi. Hidangkan juga minuman dan buah-buahan segar yang telah dipotong-potong kecil. Itulah beberapa persiapan lamaran yang wajib diperhatikan calon mempelai wanita. Dari penjelasan di atas, persiapan calon mempelai wanita dan pria sedikit berbeda. Jadi, tidak hanya pria saja yang harus mempersiapkan prosesi tersebut secara matang, calon mempelai wanita pun sama-sama harus mempersiapkannya juga.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.