Beberapa Hal Yang Diperhatikan Dalam Menghitung Katering

Beberapa Hal Yang Diperhatikan Dalam Menghitung Katering

Estimasi Menghitung Katering Pernikahan

Menghitung katering pernikahan yang akan dipesan tidak bisa disepelekan. Jika ada yang kurang dalam penghitungan dan pemesanannya, Anda bisa malu pada para tamu. Begitu pula jika sampai tersisa banyak, bukankah sayang sekali?

Untuk menyiasati hal tersebut, maka hitungan katering yang akan dipesan adalah dikalikan dua dari jumlah tamu undangan. Setelah itu, hasilnya dibagi 10-15% sebagai perkiraan tamu yang tidak hadir. Nah, itulah idealnya menghitung porsi untuk katering pernikahan Anda.

Namun, selain menghitung dengan cermat dan tepat, ada juga beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Apa saja itu? Berikut ulasannya!

Kurangi porsi untuk nasi

Kenapa harus mengurangi porsi untuk nasi? Karena, orang-orang zaman sekarang cenderung mengonsumsi sedikit nasi, bahkan ada yang tidak mengonsumsinya sama sekali, apa lagi bila berada di sebuah pesta pernikahan.

Orang-orang biasanya akan cenderung memilih menu gubugan yang beragam daripada nasi atau menu buffet. Nah, ini bisa menjadi catatan penting untuk Anda untuk mengurangi jumlah porsi nasi dari yang seharusnya.

Pengurangan tersebut bisa Anda alihkan untuk menambah jumlah porsi di menu gubugan, atau menambah variasi menu gubugan yang lain. Bagaimana menurut Anda?

Jangan menyajikan makanan yang sulit dimakan

Berikutnya, Anda juga harus memperhatikan hal yang satu ini. Memesan banyak porsi untuk makanan yang sulit dimakan akan sia-sia saja. Mungkin hanya sedikit tamu yang mau mengambilnya, sehingga masih tersisa banyak. Anda tentu akan sedih jika hal ini sampai terjadi, bukan?

Menu yang susah ini contohnya kepiting rebus. Memang soal rasa sudah pasti enak, tapi ini adalah pesta pernikahan. Siapa sih, yang mau repot-repot menyingkirkan duri dan belepotan bumbu di acara pernikahan seperti ini? Nah, Anda harus berpikir ke sana, ya!

Perhatikan anak-anak kecil sampai manula

Jangan egois dengan menyajikan hidangan yang sesuai selera dan jiwa muda Anda. Tamu Anda bervariasi, lho! Mungkin rekan-rekan akan membawa anak-anak mereka yang masih kecil untuk ikut serta. Begitu pula dengan tamu undangan orangtua Anda yang mungkin saja kebanyakan sudah lanjut usia.

Jadi, Anda juga harus menyajikan menu khusus untuk mereka. Untuk anak-anak misalnya es krim, aneka mie, bakso, atau aneka sosis. Sedangkan untuk manula, Anda bisa memesan menu yang empuk dan mudah dimakan. Usahakan tata letaknya juga yang mudah dijangkau oleh mereka.

Menu andalan dan air putih yang cukup

Hal ini juga penting untuk Anda perhatikan. Tidak semua orang di pesta Anda menyukai bermacam minuman yang disajikan. Jadi, jangan abaikan keberadaan air putih di pesta pernikahan Anda.

Mintalah pihak katering untuk menyediakan air putih yang cukup, misal dalam bentuk kemasan gelasan supaya lebih praktis.

Selain itu, pesan pula menu andalan dari jasa katering Anda. Ini biasanya akan menjadi sebuah hidangan yang khas dan nikmat rasanya karena jasa katering yang Anda pakai benar-benar menguasai menu tersebut.

Plastik dan tempat sampah

Menyediakan plastik dalam sebuah acara pernikahan, apa pentingnya? Wah, jangan salah, ya. Apabila masih banyak makanan yang tersisa, plastik tentu sangat diperlukan.

Mintalah pihak katering untuk menyediakannya untuk berjaga pada kemungkinan tersebut. Anda bisa membawakan makanan yang tersisa tadi untuk keluarga atau panitia yang telah membantu acara Anda.

Selain itu, jangan lupa menyediakan tempat sampah di acara pernikahan Anda. Ini berguna untuk membuang limbah makanan seperti tusuk gigi, wadah es krim, dan sebagainya.

Nah, itulah hal yang harus Anda perhatikan setelah menghitung katering pernikahan dengan tepat. Semoga bermanfaat!