Now Reading
Begini Cara Sukses Bisnis Catering Pernikahan

Begini Cara Sukses Bisnis Catering Pernikahan

Salah satu bisnis yang cukup banyak peminat dan pelakunya saat ini adalah bisnis catering pernikahan. Hal itu karena sekarang ini banyak sekali orang yang ingin mengadakan pesta pernikahan sekali seumur hidup dengan mewah dan meriah sehingga bisa menjadi kenangan tidak terlupakan. Nah, catering tentu bisa menjadi salah satu pendukung pesta pernikahan dapat berjalan dengan sukses dan meriah karena makanan-makanan dan berbagai minuman yang disajikan oleh catering nantinya yang akan menjadi suguhan hidangan bagi para tamu yang datang ke pesta. Tidak hanya itu, bisnis catering pernikahan merupakan salah satu bisnis yang bisa mendatangkan penghasilan dan keuntungan yang cukup besar. Tapi, bagaimana cara sukses bisnis catering pernikahan? Tenang saja, di sini akan membahas tentang hal itu untuk membantu Anda yang ingin menjalankan bisnis ini. Mari simak pembahasannya di bawah ini :

Menentukan Jenis Catering yang Akan Dilayani

Ada beberapa jenis catering yang bisa Anda pilih seperti catering khusus kantoran, catering khusus acara besar, catering khusus rumahan, dan catering anak sekolah. Catering pernikahan sendiri merupakan jenis catering khusu acara besar. Membuka catering ini memang membutuhkan modal yang cukup besar, namun bisa mendatangkan untung dan penghasilan yang juga cukup besar. Makanan catering ini umumnya disajikan dengan prasmanan dengan jumlah yang tidak bisa dihitung dengan box. 

Cari Dahulu Pengalaman di Bidang yang Sama

Modal awal agar bisa membuka bisnis catering pernikahan yang sukses salah satunya adalah dengan mencari pengalaman di bidang yang sama. Anda bisa mulai dengan menjadi karyawan bisnis catering pernikahan lain yang sudah sejak lama berdiri lebih dulu. Dengan begitu, Anda bisa untuk memahami bagaimana pengelolaan keuangan yang dilakukan, bagaimana rantai konsumen berjalan, serta bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. 

Tentukan Nama

Nama bisnis catering yang dimiliki mempunyai peranan yang penting. Hal itu karena nama tersebut yang akan diingat selalu oleh para konsumen. Dengan begitu, Anda harus memperhatikan ini dengan matang dan detail. Anda sebaiknya membuat nama bisnis yang mudah untuk diingat, unik, mempunyai nilai sejarah, serta ada nilai sejarah di dalam nama tersebut. 

Cari Supplier Berkualitas dan Murah

Menemukan supplier dengan harga murah dan berkualitas adalah tantangan selanjutnya untuk Anda yang ingin buka bisnis catering. Hal itu karena tanpa supplier yang murah, bisnis catering Anda akan lebih sulit dalam pengelolaan keuangan. Mendapatkan harga bahan makan yang sama dengan pasar tidak akan menghasilkan penghasilan yang lebih besar untuk Anda.

Persiapkan Modal Uang

Membuka bisnis catering, Anda sebaiknya menerapkan prinsip ‘semakin besar modal, maka semakin besar keuntungan yang didapatkan’. Hal itu karena dengan modal besar, maka Anda bisa mendapatkan jumlah bahan makanan yang nantinya dapat berimbas ke jumlah pesanan. Apabila modal bisnis Anda tidak bertambah, bagaimana konsumen juga bisa bertambah. 

Rekrut Pegawai

Bisnis tidak akan berkembang jika hanya dilakukan oleh Anda saja. Maka dari itu, pikirkanlah untuk rekrut pegawai yang terampil di banyak bidang seperti pintar memasak, dapat mengelola keuangan secara baik, bisa untuk mengirim pesanan, mempunyai hubungan baik dengan supplier, dan mempunyai keahlian mempromosikan usaha. Jangan ragu untuk membayar pegawai, karena dengan mempunyai pegawai kompeten bisnis Anda bisa berkembang lebih besar.

See Also

Lakukan Promosi

Promosi yang cukup efektif hingga sekarang adalah melalui mulut ke mulut. Tapi, apakah Anda hanya akan mengandalkan cara itu saja? Maka dari itu, Anda harus melakukan promosi yang lain. Misalnya Anda melakukan promosi lewat website, media sosial, banner, toko online dan lain sebagainya. 

Selain cara sukses bisnis catering pernikahan di atas, membuka bisnis catering juga harus mengetahui bagaimana ciri dari bisnis tersebut yang baik. Hal itu karena Anda bisa meniru ciri-ciri tersebut agar menjadi jasa catering yang berkualitas. Berikut beberapa ciri tersebut.

Ciri-Ciri Bisnis Catering Pernikahan yang Bagus

  1. Mengutamakan rasa
  2. Mempunyai track record baik
  3. Profesional dalam bekerja
  4. Mempunyai variasi menu
  5. Higienis dan sehat
  6. Memberikan pelayanan yang memuaskan
  7. Memberikan harga yang sesuai dengan standar

Nah, demikian artikel ini membahas tentang cara sukses bisnis catering pernikahan dan bagaimana ciri dari bisnis tersebut yang baik. Semoga bermanfaat!

Scroll To Top