Now Reading
Beragam Hidangan Adat Sunda yang Menggugah Selera

Beragam Hidangan Adat Sunda yang Menggugah Selera

Keanekaragaman Indonesia jelas menjadi hal yang sangat menarik. Setiap suku memiliki adat budaya masing – masing. Keanekaragaman ini membuat Indonesia semakin indah dan harmonis. Dalam upacara pernikahan misalnya setiap suku memiliki ciri khas masing masing. Mulai dari prosesi pernikahan hingga hidangan kulinernya. Di Indonesia masyarakat Sunda termasuk salah satu yang menyajikan hidangan mewah pada acara pernikahannya. Hidangan pernikahan adat Sunda selalu dinantikan para tamu, karena menyajikan cita rasa yang sangat lezat. Beberapa orang menjadikan hidangan makanan sebagai salah satu tolak ukur kesuksesan acar pernikahan tersebut. Jika hidangan makanannya lezat maka acara pernikahan tersebut dapat dibilang sukses. Berikut ini kami bagikan untuk anda beberapa jenis hidangan pernikahan yang selalu ada pada pesta adat Sunda.  

Nasi Tutug Oncom

Salah satu jenis hidangan yang bisa anda temukan pada acara pernikahan masyarakat Sunda adalah nasi tutug oncom. Nasi yang  satu ini jelas sangat berbeda dengan jenis nasi yang sering kita jumpai, karena menghadirkan cita rasa yang sangat unik. Nasi tutug oncom merupakan perpaduan dari nasi yang sudah diolah dengan bumbu rempah, dan beberapa lauk seperti ayam goreng serundeng, tahu goreng, tempe goreng, dan karedok leunca. Kemudian pada nasi ini akan ditambahkan pula sambal terasi, selada air yang digoreng, dan kerupuk aci. Perpaduan seluruh bahan bahan tersebut menimbulkan rasa yang sangat gurih dan lezat. Hampir setiap pengunjung pasti mencari hidangan yang satu ini pada acara pernikahan adat Sunda. 

Koredok

Jenis makanan lain yang juga wajib ada dalam setiap acara pernikahan masyarakat Sunda adalah koredok. Koredok ini juga menjadi makanan favorit, yang selalu diincar para tamu undangan. Koredok merupakan kuliner tradisional Sunda yang terbuat dari berbagai jenis sayuran seperti kol, kacang panjang, tauge, mentimun, dan juga daun kemangi. Seluruh sayuran tersebut diolah menjadi satu, lalu dilumuri dengan bumbu kacang di atasnya. Bumbu kacang tersebut juga harus terdiri dari bumbu rempah rempah khas Sunda. Koredok ini dihidangkan sebagai menu utama, karena tergolong makanan berat. Anda bisa menikmati kelezatan koredok secara langsung atau juga dipadukan dengan nasi dan lauk lain.   

Payeum

Selain nasi tutug oncom dan koredok, jenis kuliner tradisional lain yang sering ada pada Hidangan pernikahan adat Sunda adalah payeum. Payeum ini merupakan cemilan tradisional khas Sunda. Payeum sendiri bahan dasarnya terbuat dari singkong yang sudah difermentasikan. Fermentasi yang tepat pada singkong tersebut akan menghasilkan rasa yang manis dan gurih. Kunci rasa manis pada payeum ini terletak pada proses fermentasinya. Payeum ini tidak menggunakan gula sama sekali. Melainkan hanya mengandalkan bakteri pada proses fermentasi yang akan berubah menjadi glukosa. Oleh karena itu proses fermentasi harus dilakukan secara tepat, agar rasa manis yang dihasilkan sempurna. Tidak sembarangan orang yang bisa membuat payeum yang manis dan lezat. 

See Also

Dodol

Jenis hidangan tradisional lain yang juga selalu ada di setiap pesta pernikahan adat Sunda adalah dodol. Walaupun di beberapa daerah Indonesia memiliki dodol tradisional masing  masing, pada masyarakat Sunda juga terdapat dodol khas tradisional. Masyarakat Sunda menggunakan dodol sebagai makanan ringan pada acara pernikahan. Salah satu jenis dodol yang sangat populer adalah dodol Garut, yang ciri khasnya dibungkus dengan daun jagung. Dalam acara pernikahan adat Sunda, bukan hanya dodol Garut yang disajikan tetapi juga jenis dodol lainnya. Dodol merupakan makanan ringan yang disukai oleh setiap orang.

Surabi Bandung

Makanan tradisional lainnya yang juga sering dijumpai pada acara pernikahan masyarakat Sunda adalah surabi Bandung. Surabi Bandung ini merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras. Tepung beras tersebut nantinya diolah dan dimasak pada kuali khusus. Surabi ini memiliki tampilan putih, dan biasanya disajikan sebagai makanan ringan. Pada umumnya terdapat dua jenis varian rasa dari Surabi Bandung, yakni rasa oncom dan original. Surabi Bandung sering disandingkan bersama payeum pada acara pernikahan. Rasanya yang gurih dan lezat membuat banyak orang jatuh cinta dengan kuliner yang satu ini. itu lah beberapa Hidangan pernikahan adat Sunda yang sangat menarik.

Scroll To Top