Now Reading
Peluang Usaha Dekorasi Pernikahan yang Menjanjikan

Peluang Usaha Dekorasi Pernikahan yang Menjanjikan

Pernikahan adalah salah satu fase hidup yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat di Indonesia. Tidak heran jika setiap tahunnya tercatat lebih dari 1 juta pernikahan yang terselenggara. Tidak hanya itu, sebagai orang yang menikah memilih untuk menyelenggarakan pesta atau resepsi pernikahan. 

Di dalam pelaksanaan pesta atau resepsi, ada banyak poin penting yang harus ada dianggapnya. Salah satunya adalah dekorasi pernikahan. Pesta atau resepsi pernikahan tentu akan terasa kurang jika tanpa adanya dekorasi. Selain itu, alasan lain seperti keindahan dan estetika yang membuat venue lebih menarik dan enak dipandang serta pesta menjadi lebih semarak hingga persoalan citra membuat banyak orang rela untuk merogoh kocek lebih dalam untuk biaya dekorasi pernikahan. 

Nah, karena hal itulah dari sisi pebisnis, usaha dekorasi bisa dijadikan sebagai peluang berbisnis yang menjanjikan di masa yang akan datang. Tapi, bagaimana sebenarnya peluang usaha dekorasi pernikahan? Di artikel ini akan membahasnya tentu saja. Berikut pembahasan tersebut. 

Peluang Bisnis Dekorasi Pernikahan dan Pelanggan

Jika membicarakan mengenai pelanggan, tentu yang akan menjadi pelanggan dalam bisnis dekorasi pernikahan adalah pengantin ataupun keluarga pengantin yang akan menyelenggarakan pesta. Memang jika mencari jasa dekorasi pernikahan saat ini sudah banyak dan mudah ditemukan di internet seperti media sosial Instagram atau lainnya. Namun, mengingat jumlah pernikahan yang dari tahun ke tahun terus bertambah, peluang usaha dekorasi pernikahan ini masih sangat menjanjikan dan mempunyai pasar yang besar sekali. 

Jasa dekorasi yang diberikan sendiri bisa untuk banyak hal seperti menghias pelaminan, panggung musik, area catering, dan berbagai area lain yang sesuai dengan permintaan dari pelanggan. Bahkan di beberapa acara pernikahan ada yang menambahkan booth photo yang menjadi bagian layanan yang diberikan jasa dekorasi. Lebih menariknya, jasa dekorasi tidak berhenti di situ saja. Bisnis ini tidak hanya tentang bagaimana menghias tempat acara, namun masih banyak peluang usaha lain yang bisa Anda kembangkan. Contohnya jasa dekorasi mahar pernikahan, jasa dekorasi acara pertunangan, jasa dekorasi mobil pengantin, dan jasa dekorasi hantaran pernikahan. 

Berbagai jasa dekorasi itu, bukanlah hal yang beda sekali dari jasa dekorasi untuk tempat acara. Keterampilan serta teknik yang harus dimiliki masih sama dengan menghias tempat acara. Tapi, Anda harus bisa untuk meminta biaya jasa yang berbeda atau terpisah. Tentu hal ini menjadi peluang untuk mendapatkan uang tambahan, bukan?

See Also

Membuka jasa dekorasi pernikahan sendiri, peluang untuk Anda mendapatkan penghasilan yang besar juga sangat besar. Jasa dekorasi acara pernikahan bisa dibanderol mulai dari jutaan, puluhan juta hingga ratusan juta, Bahkan bila Anda memasarkan bisnis dengan baik, kemungkinan untuk Anda bisa menangani lebih dari satu acara pernikahan setiap bulannya. Sangat menarik, bukan?

Modal Awal Usaha Dekorasi Pernikahan

Membuka bisnis dekorasi pernikahan kebutuhan yang cukup penting ada di perlengkapan dan peralatan. Anda memerlukan bunga, vas bunga yang indah, karpet, standing, lampu hias, backdrop, dan lain sebagainya. Nah, untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut, Anda membutuhkan modal awal yang cukup besar, bahkan bergantung pada tempat resepsi hingga ukuran gedung. 

Umumnya, modal awal sudah cukup untuk menghias ruangan acara yang berukuran sedang sekitar untuk 300 hingga 500 orang. Kian besar ruangan yang harus Anda atau jasa hias, tentu akan membutuhkan modal yang lebih besar agar dapat memenuhi perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan. Kebanyakan pebisnis jasa dekorasi akan menghabiskan sekitar 80 persen modal awal untuk membeli peralatan dan perlengkapan. Lalu modal yang selebihnya adalah untuk biaya yang lain seperti biaya pemasangan hingga gaji untuk pegawai. Namun, Anda tidak perlu khawatir, bisanya modal yang besar itu hanya Anda perlukan di awal menjalankan bisnis. Tapi, Anda harus berinvestasi pula untuk perawatan dan penyimpanan perlengkapan serta peralatan agar bisa digunakan kembali. Anda juga harus membeli peralatan dengan model baru untuk mengikuti tren atau agar lebih banyak variasi. Demikian pembahasan di artikel ini mengenai peluang usaha dekorasi pernikahan. Semoga bermanfaat untuk Anda. 

Scroll To Top