Now Reading
Berbagai Hal Yang Perlu Di Siapkan Saat Melakukan Lamaran

Berbagai Hal Yang Perlu Di Siapkan Saat Melakukan Lamaran

Apakah anda sedang berencana ingin melamar sang kekasih? Namun apakah anda telah melakukan berbagai persiapan lamaran? Walaupun hal ini terlihat sederhana, namun prosesi lamaran menjadi penentu kelanjutan hubungan anda dan pasangan sampai pada acara pernikahan. Nah, jika anda masih bingung apa-apa saja yang perlu dipersiapkan untuk acara lamaran, yuk simak ulasannya berikut ini.

Makanan atau hidangan

Pastinya suatu acara lamaran tidak akan lengkap jika tidak ada hidangan makanan. Jenis makanan yang akan disiapkan bebas kok! Cuman di beberapa daerah tertentu biasanya mewajibkan hadirnya makanan tradisional dari daerah tersebut. Biasanya makanan yang disiapkan oleh calon mempelai laki-laki akan dihias dengan sedemikian rupa. Sedangkan makanan yang akan disiapkan oleh calon mempelai wanita biasanya dalam bentuk prasmanan yang telah disiapkan baik untuk santapan makan siang hingga malam. Sebaiknya untuk pihak wanita yang akan menerima tamu dari mempelai laki-laki dapat menyiapkan makanan pendamping seperti kudapan atau camilan. Seperti kue basah atau kue kering, maupun buah-buahan segar. Pada dasarnya makanan sendiri merupakan bagian dari persiapan acara lamaran di rumah untuk mempelai wanita. 

Cincin

Sebagai simbol untuk mengikat kedua pasangan, maka ada baiknya anda bisa memilih cincin yang sesuai selera anda dan pasangan, dan yang paling penting adalah harus pas di jari sang mempelai wanita, ya! Maka dari itu, ada baiknya anda dapat membeli cincin tunangan bersama sang kekasih. Anda bisa memilih material cincin tunangan seperti berlian, emas putih, perak, hingga emas. 

Hantaran

Seserahan atau hantaran memang tidak boleh dilewatkan begitu saja ketika akan melakukan prosesi lamaran. Apa itu hantaran? Ya, hantaran sendiri adalah persiapan lamaran yang dipersiapkan oleh laki-laki untuk sang mempelai wanita. Sebaiknya jenis barang-barang yang disiapkan untuk hantaran bisa disesuaikan dengan kesukaan atau selera sang calon mempelai wanita. Hal ini dilakukan supaya barang hantaran bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh pasangan anda. Umumnya hantaran yang dibawa oleh pihak laki-laki adalah kebutuhan wanita, dari mulai peralatan mandi, perhiasan, produk perawatan kulit dan wajah, dan sebagainya. 

Biasanya tidak hanya dari pihak laki-laki saja yang akan menyiapkan hantaran. Namun sebagai bentuk balasan, pihak dari mempelai wanita juga menyiapkan hantaran berupa barang-barang kebutuhan laki-laki seperti tas, sepatu, pakaian, alat ibadah seperti baju koko, peci, sarung, dan sebagainya. Tetapi ada juga yang memang tidak menyertakannya. Biasanya pada acara lamaran sederhana pihak dari mempelai laki-laki hanya membawa makanan tradisional hingga parsel-parsel saja. 

Seragam

Untuk anda yang memiliki budget lebih, maka anda dapat menyiapkan baju seragam bagi anggota keluarga yang ikut dalam acara tunangan tersebut. Tetapi jika budget yang anda miliki terbatas, maka anda juga bisa kok memberitahukan kepada keluarga untuk mengenakan pakaian yang berwarna senada supaya terlihat kompak. Anda dapat memilih bahan batik bagi anggota keluarga pria, sedangkan kebaya bagi anggota keluarga wanita. Kekompakan anda serta keluarga yang terlihat dari pemakaian seragam tentunya dapat menjadi nilai tambah tersendiri dan pastinya akan membawa kesan yang baik untuk keluarga anda.

See Also

Transportasi

Nah, hal yang satu ini tidak kalah penting lho untuk dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Terlebih lagi ketika lokasi lamaran yang dilakukan cukup jauh. Anda tentunya harus mempertimbangkan berapa jumlah keluarga yang akan ikut dalam prosesi lamaran tersebut dengan jumlah kendaraan yang akan digunakan. Untuk anda yang harus melamar langsung ke rumah pihak wanita yang terbilang jauh hingga menyeberang pulau, maka anda tidak perlu untuk membawa semua anggota keluarga, namun hanya cukup perwakilan saja. Yang pasti hal ini dilakukan agar dapat menghemat biaya pengeluaran transportasi.

Dokumentasi

Agar dapat mengabadikan momen acara lamaran anda dan pasangan, maka perlu adanya dokumentasi berupa video maupun foto. Anda bisa kok untuk menyewa fotografer saat acara lamaran dilakukan. Selain itu, anda juga dapat menunjuk salah satu dari anggota keluarga agar dapat mendokumentasikan proses lamaran yang dilakukan.

Demikianlah berbagai pembahasan yang perlu anda ketahui mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan saat melakukan lamaran

Scroll To Top